Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru SMP Negeri 1 Popayato Barat Pada Kegiatan Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi

Rizal Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran kepala sekolah: dalam meningkatkan mutu Guru Selama Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi di SMP Negeri 1 Popayato Barat dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan solusi pada faktor penghambat yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menghasilkan data dieskriptif berupa kata-kata tulisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru adalah dengan menyediakan fasilitas pendidikan untuk guru dalam penerapan proses belajar daring, seperti tersedianya wifi dan perangkat komputer yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi covid-19, kepala sekolah mendorong guru untuk mengingkuti berbagai kegiatan webinar yang dilakukan oleh berbagai lembaga untuk meningkatkan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi covid-19, akan tetapi masih ada kendala yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi, kurangnya kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan kenerja guru, Oleh karena itu terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi seperti sulitnya jaringan internet, siswa tidak memiliki gadged, orang tua yang tidak paham teknologi.

Keywords


kepala sekolah; guru; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Aedi Nur. 2016. Manajemen Pendidik & Tenaga Pendidikan. Yogyakarta : Gosyen Publishing

Anik, Ghufron, 2008. Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: FIP-UNY

Arikunto,Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Bustan dkk. 2013. Tugas Kepala Sekolah Sebagai Pendidik DanPemimpin Di Sekolah Dasar. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2079

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Akasara

Mudlofir, A. 2012. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi, dan Aplikasiya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press Mulyasa , E . 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Uno , Hamzah. 2007. Profesi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Uzer Usman , Moh . 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Veithzal Rivai. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1129-1138.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id