Membangun Solidaritas dan Kolaborasi di Lingkungan Organisasi pada Guru-Guru dan Karyawan

Klemens Wedanaji, Satriyo Wibowo, Beny Beny

Abstract


Tujuan dilaksanakan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan dan praktik langsung mengenai kehidupan yang solid dan berkolaborasi. Tim Trisakti School of Management mendapatkan undangan khusus yang datang dari Bapak Frans, S.Pd., Ekop selaku Kepala Sekolah dari SMA Santo Yosef, Bangka Belitung. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan sekitar di sekolah SMA Santo Yosef yang dinilai kurang dengan rasa solid dan berkolaborasi antara para guru dan karyawannya. Oleh karena itu, Pengabdian Masyarakat ini ditujukan bagi para guru dan karyawan dengan perantara kegiatan rekoleksi yang mengangkat tema “Membangun Komunitas yang Solid dan Berkolaborasi”. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penyampaian materi terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi seminar dan sesi praktik dalam bentuk permainan. Seminar yang diberikan merupakan seminar dengan durasi singkat dengan bantuan media berupa video-video motivasi yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam hidup solid dan berkolaborasi. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik dalam bentuk permainan, para guru dan karyawan SMA Santo Yosef dibagi menjadi beberapa tim dan diharuskan untuk menyelesaikan beberapa permainan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Tim Trisakti School of Management. Permainan pertama yaitu tebak gaya, diikuti oleh permainan kedua yang diberi nama tower challenge, dan yang terakhir adalah menulis indah. Setiap permainan yang diberikan bertujuan untuk melatih kerja sama antara anggota tim dan membantu para guru dan karyawan untuk berproses secara mandiri dalam menumbuhkan sikap yang solid dan berkolaborasi. Hasil dari kegiatan ini, para guru dan karyawan SMA Santo Yosef lebih berbaur antara satu dengan yang lainnya di luar dari bahasan pekerjaan, mereka menjadi lebih santai antara satu sama lain, dan mulai terlihatnya ada rasa solid dan berkolaborasi di antara para guru dan karyawan.

Keywords


Solid; Kolaborasi; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adieb, M. (2018, April 18). Kolaborasi: Apa Itu, Jenis, Manfaat, Cara Meningkatkan, dan Contohnya. Retrieved from glints: https://glints.com/id/lowongan/kemampuan-kolaborasi/#.YqS53xpBy5d

Davis, R. C. (1937). Business Organization and Operation. In R. C. Davis, Business Organization and Operation (p. 9). Colombus: H.L. Hedrick.

Dessler, G. (2018). Human Resource Management. In G. Dessler, Human Resource Management (p. 464). New York: Pearson.

Nasrudin, A. (2022, April 15). Sinergi: Definisi, Pentingnya, Jenisnya. Retrieved from cerdasco.com: https://cerdasco.com/sinergi/

Psikologi Seni 2021. (2021). Retrieved from PORTAL SPADA Universitas Sebelas Maret: https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=163656

Robbins, P. S., & Judge, A. T. (2019). Organizational Behavior. In P. S. Robbins, & A. T. Judge, Organizational Behavior (pp. 115-116). London: Pearson.

Robbins, P. S., & Judge, A. T. (2019). Organizational Behavior. In P. S. Robbins, & A. T. Judge, Organizational Behavior (p. 137). London: Pearson.

Rudyanto, A. (2022). Peran Software Akuntansi dalam Membantu Guru-Guru Akuntansi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 80-85.

SMA Santo Yosef Pangkalpinang. (2021). Retrieved from SMA Santo Yosef: https://smasantoyosefpkp.sch.id/

Sukyat, T. (2015). The Relation Between An Understanding Of Muslim Brotherhood Concept And Social Solidarity. International Journal of Scientific & Technology Research, 263.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.1001-1008.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id