Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Masyarakat (Memotivasi anak putus sekolah Kembali sekolah di Jalur Pendidikan Non Formal)

Sutirna Sutirna, Dadang Rahman Munandar, Kelik Wachyudi

Abstract


Latar belakang dari pengabdian ini adalah masih terdapat masyarakat yang putus sekolah diakibatkan oleh berbagai hal, seperti ekonomi, lingkungan keluarga dan pandemi covid 19. Oleh karena itu tujuan pengabdian ini ingin memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada masyarakat, khususnya bagi anak putus sekolah supaya dapat melanjutkan pendidikannya di jalur pendidikan nonformal. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan survey secara langsung ke masyarakat melalui kuisioner dan wawancara. Hasil pengabdian ini menunjukkan ada pengaruh yang siginifikan dari perlakuan pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap motivasi anak putus sekolah menjadi ada kemauan untuk melanjutkan Pendidikan di jalur Pendidikan nonformal pada PKBM. Diharapkan hasil dari pelaksanaan pengabdian ini dapat dilanjutkan oleh para peneliti pengabdian untuk melakukan kegiatan pemberian motivasi melalui implementasi layanan bimbingan dan konseling di masyarakat.


Keywords


Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Nonformal, PKBM, Putus Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amalia, P. (2021). Adaptasi Kuliah di Masa Pandemi.

Lukito, R. (2022). Pendidikan untuk Semua (PUS). Https://Mediaindonesia.Com/Opini/466331/Pendidikan-Untuk-Semua. https://mediaindonesia.com/opini/466331/pendidikan-untuk-semua

Sudjana, D. (2003). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pertama). Falah Production.

Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah (Pertama). PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.1023-1030.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id