Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Taktis Pada Permainan Bola Voly Mata Pelajaran Penjaskes di Kelas VI SDN No.89 Sipatana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes Melalui Penerapan metode pembelajaran Pendekatan Taktis di kelas VI SDN No. 89 Sipatana dalam melakukan passing bawah bola voli. Hasil tes kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah bola voli pada siklus 1 rata-rata sebesar 67.36 meningkat pada siklus 2 sebesar 81.23. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus 1 sebanyak 10 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 45% kategori belum berhasil kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 20 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 90.9% kategori berhasil. Penerapan metode pembelajaran Pendekatan Taktis dalam pembelajaran penjaskes dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN No. 89 Sipatana . Hal ini dapat di lihat dari hasil pengamatan terhadap guru dan siswa pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh niilai sebesar sebesar 16 dengan kriteria cukup dan aktivitas siswa menunjukkan nilai sebesar 12 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus 2 aktivitas guru meningkat dengan memperoleh nilai sebesar 20 dengan kriteria baik dan aktivitas siswa juga meningkat dengan memperoleh nilai sebesar 18 dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Satuan dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Darkamto. 2012. Peningkatan Hasil Latihan Teknik Passing Bawah Bola Voli Dengan Menggunakan Metode Latihan Pendekatan Taktis Pada Atlet Junior Klub Angkasapura II Medan. FIK. UNIMED.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Endriani, Ani. 2011. Teori Koneksionisme. Diunduh Dari http://aniendri ani.blogspot.com/2011/03/teori-koneksionisme.html
Juari dkk. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Koesyanto, Herry. 2003. Belajar Bermain Bola Voli. FIK Unnes Semarang.
Ma’mun, Amung dan Subroto, Toto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta : Dirjen Olahraga
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
PBVSI, 2001. Peraturan Permainan Bola Voli Internasional (diterjemahkan oleh Leo Rolex). Jakarta : PBVSI.
Prayogo, Idin Yulias. 2006. Efektivitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Untuk Kelas X Dengan Penggunaan Media Audio Visual (Studi Pada Kelas X SMA Negeri 1 Kedamean Gresik). Jurnal. PJKR Universitas Negeri Surabaya.
Solihin, Akhmad Olih dan Hadziq, Khairul .2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ntuk SD/MI Kelas V. BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyanto (1993) Belajar Gerak.Jakarta. KONI PUSAT.
Sukrisno dkk. 2009. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Wahyuni, Asti. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas I Jurusan Akuntansi SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Skripsi. Semarang: FE. Universitas Negeri Semarang.
Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola. Jakarta : Depdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.907-920.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id