Pembelajaran Puisi yang Apresiatif di Kelas Tinggi SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo

Ratnarti Pahrun

Abstract


Rendahnya kemampuan menulis puisi di Kelas Tinggi SDN 84 Kota Tengah disebabkan oleh kurangnya kosakata serta pemahaman terhadap menulis puisi, terbatasnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran puisi. Tujuan agar siswa lebih terlatih mengenal, memahami, menghayati kepribadian sikap wawasan serta peningkatan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi maupun berbahasa serta memiliki kemampuan apresiasi terhadap apresiasi puisi. Sebagian besar siswa belum mampu memahami bagaimana cara menulis puisi yang apresiatif. Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi yang apresiatif meliputi pemilihan materi dan metode, penggunaan media pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi.

Keywords


Puisi, apresiatif

Full Text:

PDF

References


Alwi, Zahra dkk.2013. Peningkatan Apresiasi Sastra melalui pendekatan integratif. Forum Pendidikan . Volume 23, Nomor 1(9):79-96

Aminudin,2000, Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Parto, 2007.Meningkatkan Apresiasi Siswa SD Terhadap Puisi Melalui Kegiatan Bernyanyi, Jurnal Pendidikan Humaniora dan Sains.

Jassin HB, 2015, Kesusastraaan Indonesia modern Dalam Kritik dan Essay. Jakarta:PT Gramedia.

DepDikNas 2013. Kurikulum 2004 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, SD dan Madrasa Ibtidaiyah. Draf Final. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.785-794.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id