Pelatihan Mengaransemen Lagu Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Jurusan PGSD UNG

Hakop Walangado, Nurmilasari Djau

Abstract


Terbatasnya jam kuliah untuk mata kuliah Pendidikan Seni Musik di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNG berdampak pada minimnya pengalaman mahasiswa terhadap pengetahuan dan keterampilan bermusik. Padahal dalam implementasinya lulusan mahasiswa PGSD diharapkan mampu memberikan pengalaman dalam berbagai bidang pelajaran. Hal ini menjadi dasar dari dilaksanakan PKM. Adapun tujuan PKM dilakukan adalah untuk memberikan pengalaman dan mengasah kemampuan mahasiswa PGSD UNG mengaransemen lagu dengan mengubah lagu sederhana. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu pertama koordinasi waktu pelaksanaan, pelaksanaan teknis, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya wawasan dan pengetahuan mahasiswa PGSD UNG terkait teori musik, serta kegiatan ini mengasah kemampuan mahasiswa untuk mengaransemen lagu dalam bentuk sederhana. Selain itu mahasiswa mengenal aplikasi musik yang dapat membanu guru dalam membuat aransemen musik sehingga mahasiswa mudah dalam berkreasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menstimulus para mahasiswa dan dosen untuk selalu melakukan kreativitas dalam kegiatan mengembangkan materi pembelajaran

Keywords


Pendidikan Seni, Aransemen lagu

Full Text:

PDF

References


Asfandiyar, Andi Yuda. Kenapa guru harus Kreatif. Bandung: Mizan. 2009

Suhardjo, A.J. 2005. Pendidikan Seni Dari Konsep Hingga Program. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Hernawan, Asep Herry. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Gordon, Edwin. 1980. Learning Sequences In Music. Chicago: G.I.A. Publications Inc.

Jazuli. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Cendekia Utama

Wulandari, Retno. 2010. Tesis: Pendekatan Tematik Studi Kasus Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SMP Negeri 2 Cimahi. Bandung: SPS UPI

Romhan, Undang Saipul. 2010. Tesis: Implementasi Model Pembelajaran Seni Terpadu Untuk Meningkatkan Apresiasi Dan Kreasi Seni Rupa Terapan Tradisional Daerah Setempat. Bandung: SPS UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.773-784.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id