Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arends. 1997. Introduction to Psychology.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Djaeng, Maxinus. 2007. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Palu: FKIP Universitas Tadulako, Palu.
Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. Idayu Ria Pramudyanti, S.Si. Ilmu Pengetahuan Alam SMK 2b. Klaten Selatan Ibrahim. 2000. Model Think- Pair-Share (TPS). Jakarta: PT.Rineka cipta.
Lie, A. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sukardi, M. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Zainal, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.687-694.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail:Â jurnaldikmas@ung.ac.id