Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga

Suriyati Momidu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2019/2020. Variabel yang diteliti adalah pengertian konsep sistem organ manusia dan hasil belajar IPA, dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu sebanyak dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar IPA, lembar observasi aktivitas siswa dan angket tentang tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share. Nilai ratarata hasil belajar biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2019/2020 pada siklus I melalui tes evaluasi yaitu 86.66% dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu meningkat menjadi 96.66%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Jadi penggunaan metode Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2019/2020.

Keywords


Pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arends. 1997. Introduction to Psychology.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Djaeng, Maxinus. 2007. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Palu: FKIP Universitas Tadulako, Palu.

Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito. Idayu Ria Pramudyanti, S.Si. Ilmu Pengetahuan Alam SMK 2b. Klaten Selatan Ibrahim. 2000. Model Think- Pair-Share (TPS). Jakarta: PT.Rineka cipta.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukardi, M. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Zainal, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.687-694.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id