Penggunaan Metode Stad Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila

Nurain DJ. Ibrahim

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan metode STAD yang diterapkan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kabila mampu meningkatkan kualitas pembelajran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kabila sebanyak 36 siswa dengan komposisi 20 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil perhitungan statistik deskriptif diketahui bahwa nilai rata-rata untuk masing-masing kategori pengamatan yang meliputi persiapan sebesar 4.35, pendahuluan 3,42, kegiatan inti sebesar 2.43. Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa secara umum guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah cukup baik. Hasil analisis data penelitian tentang aktivitas guru dan siswa, guru selama ini dalam mejelaskan materi/menyampaikan informasi sebesar 12.65%, mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar kooperatif 37.23%, mendorong dan melatihkan keterampilan kooperatif 45.45%. Dengan demikian sebagian besar waktu yang digunakan guru selama kegiatan belajar-mengajar, membimbing siswa mengerjakan LKS dan melatihkan keterampilan proses.


Keywords


pembelajaran, STAD

Full Text:

PDF

References


Badarudin. 2016. "Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Tanya Jawab Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas Iv Mi Ma’arif Nu Lamuk Purbalingga",Semantik, (hlm.90-93).

Harahap, N. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Belajar Kognitif. Banda Aceh. (hlm.58-62).

Kumarawati, K. 2015. "Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe StudentTeam Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan KemampuanMenulis Teks Laporan Hasilobservasi Siswa Kelas X Mia 1 Sman 1 mendoyo” . E-jurnal pendidikan Ganesha hlm(3-9)

Ningsih, A. Y. 2018. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mata Kuliah Statistik Dasar Pada Program Studi Pendidikan Biologi".Jurnal Pendidikan Matetamtika Dan Ipa, (hlm. 31-37).

Nasution, Y. A. 2018. "Peningkatan Menulis Teks Fabel Melalui Model Pembelajaran Media Gambar". Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,(hlm.19-28).

Rahmawati,2016. "Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel Dengan Macromedia Flash Bagi Siswa Smp ". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 7 Bulan Juli Tahun 2016.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D) Alfabeta.

Wendra, I Wayan.2016. Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.649-654.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id