Peningkatan kualitas Guru SLB N Angkola Timur Tapanuli Selatan Melalui Pelatihan Teknologi Informasi

Nuryaningsih Nuryaningsih

Abstract


Literasi digital merupakan salah satu program pemerintah untuk mencapai Indonesia maju. Menurut Survei Global World Digital Competitiveness Index oleh Institute Management Development (IMD), Indonesia berada di urutan 53 dari 63 dari sisi literasi digital, sehingga perlu digalakkan di semua bidang termasuk pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki peran dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat berilmu, kreatif, cakap, mandiri dan demokratis. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik adalah dengan meningkatkan kualitas guru dengan memberikan pelathan teknologi informasi. Pelatihan dilakukan selama dua hari dengan metode praktek dan diskusi. Pelatihan meliputi pengembangan materi pembelajaran dan pembuatan video ajar dengan menggunakan OBS atau Open Broadcaster Sosftware yang diunduh secara gratisan. Adapun jumlah peserta pelatihan adalah 28 guru dari SLB N Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dengan proporsi data 8 laki-laki dan 20 perempuan. Secara garis besar, hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta paham dan mampu mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di SLB N Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan.

Keywords


Kualitas, Guru, pelatihan, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Hayaty, M., Wahyuni, S. N., Putra, A. D., Maemunah, M., Satya, B., & Nurani, D. (2021).

Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast

Software. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2), 61–67.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal

Office, 2(2), 221–228.

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia

Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian

Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20–26.

Rizana, D., Huda, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bangsa, P. (2021). Training on making

learning videos using OBS studio. Journal.Unimma.Ac.Id, 6(5), 815–821.

https://doi.org/10.31603/ce.4527

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Tadbir:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif

Pendidikan, 5(2), 274–285.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.553-558.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id