Psikoedukasi Non Pelatihan melalui Media Poster untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian pada Peserta Didik

Novita Maulidya Jalal, Muhrajan Piara, Irdianti Irdianti

Abstract


Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai kecemasan menghadapi ujian, serta cara mengatasi kecemasan ujian tersebut. Metode pelaksanaan pengabdian ini melalui pemberian psikoedukasi melalui media poster yang isinya meliputi defenisi kecemasan ujian, perbedaan kecemasan dan rasa takut, dampak kecemasan terhadap ujian, tanda-tanda kecemasan menjelang ujian, faktor-faktor kecemasan pada saat menjelang ujian, serta cara mengatasi kecemasan ujian. Pelaksanaan psikoedukasi berlangsung selama 1 minggu melalui aplikasi whataspp dan Instagram.Peserta pelaksanaan psikoedukasi ini adalah 20 orang peserta didik. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa psikoedukasi melalui poster dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang kecemasan ujian serta cara 95% responden menyatakan poster memberikan manfaat dan 5% orang belum memahami ini poster tersebut.


Keywords


psikoedukasi, kecemasan ujian, poster

Full Text:

PDF

References


A. Supratiknya.(2011).Merancang Program dan Modul Psikoedukasi, Yogyakarta:

Sanata Dharma University Press, 2011.

Bulkhaini, D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam

menghadapi SBMPTN (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Fitri, R., & Elfida, D. 2008. Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Kecemasan Menghadapi

Ujian Pada Siswa. Jurnal Psikologi. Volume 4, hal 80 – 90.

Mariatun, M., Munir, A., & Metia, C. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan

Keluarga dengan Kecemasan Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Menegah

Atas Negeri 2 Sinabang. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 1-7.

Mukminina, M., & Abidin, Z. (2020). Coping Kecemasan Siswa SMA dalam

Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Jurnal Al-Azhar

Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 110-116.

Narmawan, N., Irwanto, I., & Indriastuti, D. (2020). Perbedaan Tanda Vital Sebagai

Respon Kecemasan Pada Pasien Preoperatif. Dunia Keperawatan: Jurnal

Keperawatan dan Kesehatan, 8(1), 26-33.

Roos, A. L., Goetz, T., Voracek, M., Krannich, M., Bieg, M., Jarrell, A., & Pekrun, R.

(2021). Test anxiety and physiological arousal: a systematic review and metaanalysis.

Educational Psychology Review, 33(2), 579-618.

Syah, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

HIMPSI.(2010).Kode Etik Psikologi Indonesia, Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan

Psikologi Indonesia, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.337-344.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id