INTERNALISASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: KAJIAN PUSTAKA TERHADAP TEKS AJAR
Abstract
Pendidikan karakter menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan Indonesia untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berbudi pekerti luhur. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis representasi nilai-nilai karakter dalam teks ajar Bahasa Indonesia sebagai bagian dari upaya internalisasi karakter dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan kajian pustaka, yang menelaah berbagai sumber tertulis seperti buku teks, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan untuk menggali bagaimana teks ajar Bahasa Indonesia menyampaikan nilai-nilai karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks ajar Bahasa Indonesia memiliki potensi besar dalam menyampaikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerja sama melalui berbagai bentuk teks naratif, deskriptif, dan dialogis. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam konsistensi penyajian nilai-nilai karakter dan keterbatasan materi bacaan yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter. Prospek penguatan karakter melalui teks ajar sangat besar dengan adanya inovasi penyajian materi pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevansi yang kuat terhadap kehidupan siswa. Artikel ini menyimpulkan bahwa teks ajar Bahasa Indonesia dapat menjadi media strategis dalam mendukung pendidikan karakter yang efektif di sekolah.
Keywords
References
Akbar, W., Setiawan, D., & Yus, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Naratif Eksperensial untuk Meningkatkan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7724–7734.
Aprilyada, G., Zidan, M. A., Nurlia, N., Ainunisa, R. A., & Widi, W. W. (2023). Peran kajian pustaka dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173.
Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859–4884.
Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23–29.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. Https://Scholar. Google. Com/Citations.
Iqbal, A., & Zulfianita, E. (2024). Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 3(1).
Julianto, I. R., & Nuryatin, A. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 2, 25–30.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Mariam, L., Repelita, T., & Zainuri, R. D. (2024). BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 228–235.
Nurhidaya, N., Lundeto, A., & Luma, M. (2021). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 56–67.
Simbolon, G. B., Situmorang, F. B., Septiadi, M. R., & Lubis, R. S. (2024). REPRESENTASI NILAI MORAL DALAM FILM DUA HATI BIRU UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 940–953.
Sp, J. I. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Susanto, F. (2022). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Siswa Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 315–322.
Zabadi, F. (2024). The Mendedah muatan karakter dalam bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teks dalam Kurikulum 2013. JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS, 3(2).
Zamaniyah, Q. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan dan Kejujuran pada Siswa SMP Negeri di Lingkungan Pesantren. Edu Ceria, 2(1), 37–56.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v5i1.2715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
![]() | Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi |
Indexed in: