KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 3 SD DAN PENGARUHNYA PADA KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

Selvina Maharani, Viona Nurafiani, Tety Rukmanah, Mahmudah Fitriyah

Abstract


Pada pembelajaran sastra, tentu berkaitan dengan kemampuan berbahasa yang salah satunya ada kemampuan membaca dan kemampuan menulis di dalamnya. Keterampilan membaca dengan keterampilan menulis saling berkaitan satu sama lain. Dengan membaca, maka kita bisa mendapatkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi suatu tulisan yang cantik. Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang memiliki isian yang bersifat ringkas. Penelitian ini berfokus pada kemampuan membaca siswa kelas 3 SD dan pengaruhnya terhadap kemampuan menulis cerpen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. Data-data yang didapat akan dianalisis lebih dalam dan dideskripsikan dalam bentuk tulisan-tulisan atau paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh membaca terhadap kemampuan menulis dengan cerpen sebagai objek kajiannya. Keterampilan membaca dan menulis merupakan salah satu komptensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan membaca, maka kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pemecahan suatu masalah. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula informasi atau kosa kata yang didapatkan. Hal ini berpengaruh dengan kemampuan menulis seseorang.


Keywords


Skills; Reading; Writing; Short Story

Full Text:

PDF

References


Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (2), 98-103.

Febrina, L. (2017). Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74), 113-124.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9 (1), 1-8.

Pujianto, A., Nuryatin, A., & Subyantoro. (2015). Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Model Investigasi Kelompok dan Model STAD Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 131-139.

Rahman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayu Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2), 127-137.

Rohman, S. (2021). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2021). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v3i2.2330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi