GAYA BAHASA SARKASME PADA LIRIK LAGU “BADUT`” IWAN FALS

Septika Andrea, Rr Dwi Astuti, Izhar Izhar

Abstract


Lagu "Badut" karya Iwan Fals merupakan salah satu lagu kritik sosial yang populer di Indonesia. Lagu ini menggunakan gaya bahasa sarkasme untuk menyindir para pemimpin yang korup dan tidak peduli dengan rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa sarkasme dalam lagu "Badut" karya Iwan Fals. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa lirik lagu "Badut" karya Iwan Fals. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa sarkasme dalam lagu "Badut" digunakan untuk menyindir para pemimpin yang korup dan tidak peduli dengan rakyat. Gaya bahasa sarkasme tersebut diwujudkan dalam penggunaan kata-kata, kalimat, dan ungkapan yang mengandung makna ironi, sindiran, dan ejekan. Penelitian ini menunjukkan bahwa lagu "Badut" karya Iwan Fals merupakan salah satu bentuk kritik sosial yang efektif. Lagu ini menggunakan gaya bahasa sarkasme untuk menyampaikan pesan moral kepada masyarakat tentang pentingnya melawan korupsi dan menuntut keadilan.


Keywords


Sarkasme 1; lagu 2; Iwan Fals 3;

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Ahmad Nur, dkk., (2020) “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti.” Asas: Jurnal Sastra , vol. 9:9. doi:10.2411/v9i1.18329.

Herdiana, Herdiana, dkk.,(2021) “PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA ARTIKEL KABAR PRIANGAN.” Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya ,vol. 5.,79-88.doi:10.25157/.v5i2.5877.

Sari, Rosalia Puspita, dan Wisma Kurniawati,.(2021) “IRONI DAN SARKASME DALAM ALBUM LaFee KARYA LaFee.” IDENTITAET , jilid. 10. 39–49. doi:10.26740/v10n2.p39-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v3i2.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi