Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Safira Nur Rahma, Hindun Hindun

Abstract


Efektivitas memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Efektivitas dalam konteks ini mengacu pada tingkat pencapaian yang menunjukkan keberhasilan. Tentu saja penerapan kurikulum merdeka ini tidak akan serta merta berjalan mulus karena masih tergolong baru dan memerlukan beberapa pedoman atau arahan serta persiapan dari guru dan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui sejauh mana dan apakah penerapan kurikulum merdeka yang diterapkan pada saat proses pembelajaran sudah efektif di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah kurikulum ini membawa dampak yang bervariasi tergantung pada penerapan di setiap sekolah dan keahlian masing-masing pendidik, hasil belajar dan partisipasi siswa terlihat mengalami peningkatan positif pada sebagian besar kasus. Dengan memahami efektivitas kurikulum ini, upaya dapat dilakukan untuk terus meningkatkan dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran guna mencapai hasil yang lebih baik bagi siswa di tingkat sekolah menengah.


Keywords


Effectiveness; Independent Curriculum; Secondary School Level

Full Text:

PDF

References


Adira, H. F & Achadi, M.W. (2023). Efektivitas dan Peran Guru PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Gamping. Journal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 43-52. http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/284

Adlini, M.N dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://ummaspul.e journal.id/maspuljr/article/view/3394/1177

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48-58. https://www.neliti.com/publications/226468/sejarah-kurikulum-di-indonesia-studi-analisis-kebijakan-pengembangan-kurikulum

Ardiyani, O & Makhful. (2016). Efektifitas Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Islamadina Jurnal Pemikiran Islam, XVI(1), 26-39. https://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA

Argviansyah, M.R. & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1803/851

Ayu dkk. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP IT Insan Harapan Karawang Tahun Ajaran 2022-2023. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 63-71. https://journal.unsika.ac.id/index.php/hawari/article/view/9292

Farhana, Ika. (2023). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka; Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.

Husain, H. (2022). Model Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Quantum Teaching. Gowa: CV. Ruang Tentor.

Hasanuddin, dkk. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Banten: Penerbit PT SADA KURNIA PUSTAKA.

Jazil, Saiful. (2023). Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. Sumatra Barat: CV AZKA PUSTAKA.

Karimah, N dkk. (2023). Keefektifan Pembelejaran Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 01 Krandon. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 175-192). https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1229/638

Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis tentang Upaya Menemukan Kurikum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49-70. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/61/40

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Qurniawati, D.R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Proceeding Umsurabaya, 195-203. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19736

Ramadhani, D.D dkk. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 1688-1692. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20971/15150

Ramadhani, J.M. & Hindun. (2023). Problematika Kurikulum Merdeka Bagi Para Guru di Tingkat Sekolah Dasar. Referen, 2(2), 149-160. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/referen/article/view/13266/4048

Rosidah, A dkk. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Pemebelajaran.

Septiani, Z.C. & Khaerunnisa. (2023). Efisiensi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 161 Jakarta. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan,Humaniora, 2(2), 510-516. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dara Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suwendra, I.W. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra Publishing House.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v3i2.2284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi