STRUKTUR NARATOLOGI EMPAT KERAJAAN UWILILINGA DI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO

Mursid Dunggio, Ellyana Hinta, Jafar Lantowa

Abstract


STRUKTUR NARATOLOGI EMPAT KERAJAAN UWILILINGA DI KECAMATAN PAGUAT KABUPATEN POHUWATO

Mursid1,  Ellyana Hinta2, Jafar Lantowa3.

 

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Sastra dan Budaya Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo

 

*corresponding mursiddunggio13@gmail.com

Universitas Negeri Gorontalo ellyana.hinta@yahoo.com

Universitas Negeri Gorontalo jafar.lantowa.ac.id

 

ABSTRAK

            Penelitian ini diangkat berdasarkan kisah empat kerajaan Uwililinga di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Objek dalam peneltian ini adalah  kisah empat kerajaan Uwililinga di kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato presfektif Vladimir Propp, sehingga peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini yakni morfologi kisah empat kerajaan Uwililinga yang terdiri atas fungsi pelaku dan penyebarannya fungsi pelaku kedalam aksi tokoh  serta pola dengan skema yang terkandung dalam cerita. Sumber data dalam penelitian ini yakni kisah empat kerajaan Uwililinga diperoleh dari buku yang dibuat dari masyarakat yang ada di kecamatan Paguat dengan judul “Sejarah Kerajaan Kampung IV Sipayo, Siduan, Soginti, dan Bunuyo Kecamatan Paguat”. Selain itu peneliti melakukan studi lapangan untuk mengumpulkan data-data dari masyarakat yakni pemanagku adat, masyarakat sekitar, kepala desa, camat, dan mantan kepala desa yang mengatahui seluk beluk terbentuknya empat kerajaan yang ada dikecamatan Paguat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik membaca.

 

Kata Kunci : cerita rakyat, morfologi, naratologi vladimir propp


Keywords


cerita rakyat, morfologi, naratologi vladimir propp

Full Text:

PDF

References


Didipu, Herman. 2012. Sastra Daerah Konsep Dasar dan Ancangan Penelitian. Jakarta Selatan; Dapur Buku.

Endraswara, Suwardi. 2013. Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Firmanda, Eka Gusti, Chairill Efendy & A. Totok Priyadi. 2018. Struktur dan Fungsi Sastra Lisan Masyrakat Senganan Kecamatan Sukadu HilirKabupaten Sukadu. No, 3 Vol, 7.

file:///C:/User/Windows%2010/Donloads/24431-75676576912-1-PB%20(1).pdf. (Diakses tahun 2020)

Jayawati, Trisna Maini, Suslistiati & Yeni Mulyani Supriatin. 1997. Analisis Struktur dan Nilai Budaya Cerita Rakyat Sumatera Utara Sastra Melayu. Jakarta; Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa

Kasim, Razali & Jonson Pardosi. 2000. Struktur Sastra Lisan Batak Toba. Jakarta; Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Musfeptimal & Hari Purwiati. 2004. Analisis Struktur dan Nilai Budaya Sastra Lisan Dayak UUD Danum. Jakarta; Pusat Bahasa.

Propp, Vladimir. 1987. Morfologi Cerita Rakyat (diterjemahkan dalam Bahasa Melayu oleh Noriah Taslim). Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sande, Dkk. 1998. Struktur Sastra Lisan Wolio. Jakarta. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Sumarto. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi”. No, 2 Vol, 1. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/49-Article%20Text-224-1-10-20190709.pdf (Diakses tahun 2021)

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukardi, 2015.Metedologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta; PT Bumi Aksara

Sumarto. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi”. No, 2 Vol, 1. file:///C:/Users/Windows%2010/Downloads/49-Article%20Text-224-1-10-20190709.pdf (Diakses tahun 2021)

Sukardi, 2015.Metedologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta; PT Bumi Aksara

Tuloli, Nani. 1995. Khazanah Sastra Lisan. Gorontalo. STIKIP Gorontalo

Mahmud, Saifudin, Dkk. 2000. Struktur Sastra Lisan Simeulue. Jakarta. Pusat Bahasa.

Yudiafi, Zahra Siti, Muhammad Jaruki & Mardiyanto. 2000. Analisis Struktur dan Nilai Budaya Syair Putri Akal dan Syair Kumbayat. Jakarta; Pusat Bahasa




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v2i1.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi