Rational Voters and Emotional Voters: Analysis of Socio-Psychological Factors in Voting Behavior in the 2024 Presidential Election

Robby Hunawa, Jefri Polinggapo

Abstract


The 2024 Presidential Election in Indonesia reflects the increasingly
complex dynamics of democracy, marked by the increasing role of social media,
identity-based campaigns, and candidate personalization. This study aims to
analyze the socio-psychological factors that influence voting behavior, identify
the characteristics of rational and emotional voters, and examine the implications
of the dominance of emotional behavior on the quality of electoral democracy.
The approach used is a mixed-method, through a quantitative survey of young
voters as well as in-depth interviews and analysis of digital campaign content. The
results of the study show that factors such as identity affiliation, emotional
closeness to candidates, and the intensity of social media exposure play a
significant role in shaping voting behavior. Rational voters tend to consider the
track record and work programs of candidates, while emotional voters are more
influenced by symbolism, emotional narratives, and personal perceptions. These
findings indicate that the dominance of emotional behavior in elections has the
potential to weaken the quality of electoral democracy because political
decisions are often not based on informative rational considerations. This study
recommends the importance of increasing political literacy, especially among
young voters, as well as the development of more ethical and educational
political communication strategies to strengthen the foundations of a healthy
democracy that is oriented towards quality leadership.


Full Text:

PDF

References


Aspinall, E., & Berenschot, W. (2019). Democracy for sale: Elections, clientelism, and the state

in Indonesia. Cornell University Press.

Azizah, N. N., Sukaesih, S., & Saepudin, E. (2024). Hubungan Perilaku Pencarian Informasi

Dengan Proses Pengambilan Keputusan Swing Voters Pada Pilpres 2024. Shaut Al-

Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 16(2), 123-148.

https://doi.org/10.37108/shaut.v16i2.1511

Ardiansyah, M. R. N., Ariesta, D. R., Hariroh, S. Q., Antika, S. A., Maharani, S. D., & Nafi’ah, B. A.

(2024). Analisis Voting Behavior Gen-Z pada Pemilu 2024 dan Pengaruh Terwujudnya Visi

Indonesia Emas 2045: Studi Kasus Mahasiswa Kota Surabaya. Arus Jurnal Sosial dan

Humaniora, 4(2), 390-408. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i2.401

Cahyo, S. E., Kushartono, T., & Aprilia, B. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram

Terhadap Perilaku Pemilih Dalam Pemilihan Presiden Tahun 2024 Di Kota Cimahi. Jurnal

Praxis Idealis: Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 2(1).

https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3353

Cahyani, A. R. (2025). Komplektasi Perilaku Politik Pemilih Dalam Pilkada Serentak 2024 Pada

Aspek Integrasi Tradisi Lokal Dan Teknologi. Journal of Indonesian Social Studies

Education, 3(1), 12-17.

Dermawan, S. A., & Supiyah, R. (2024). Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden 2024

(Studi di Kelurahan Tipulu Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari). Societal: Jurnal

Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 1(2), 820. https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.41

Erlina, F. (2023). Dinamika sistem pemilu dan demokratisasi partai politik di Indonesia pasca

reformasi. Kosmik Hukum, 23(2), 200-220. 10.30595/kosmikhukum.v23i3.16640

Hanan, D. (2022). Memperkuat Partai Melalui Pemilu, Memperkuat Demokrasi Presidensial di

Indonesia. Demokrasi Tanpa Demos: Refleksi 100 Ilmuwan Sosial Politik Tentang

Kemunduran Demokrasi di Indonesia, 107.

Jannah, M. H. (2024). Digital Personal Branding Ganjar Pranowo Pada Akun Instagram@

Ganjar_Pranowo Untuk Memenangkan Pemilihan Presiden 2024 (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Indonesia). https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i2.1546

Malau, M. E., Rikin, M. R., Kartika, H. S., & Ardiansa, D. (2024). Analisis Perilaku Memilih Pada

Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024 Melalui Penerapan Konsep Voting Advice

Application. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 16(2), 92-99.

Meilia, W. P., & Putri, N. E. (2025). Pengaruh Hoaks Politik di Media Sosial Terhadap Perilaku

Memilih Pemilih Pemula pada Pemilu 2024. PUBLICNESS: Journal of Public Administration

Studies, 4(1), 30-36

Mutiah, M. T., & Diana, R. (2023). Peran Kampanye Media Sosial dalam Perilaku Pemilih Muda

di DKI. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 297-

https://doi.org/10.53565/nivedana.v4i2.990

Oktavia, E., Noviyanti, M., & Safari, D. (2024). Potret Abusive Judicial Reviewdi Masa

Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jurnal Legislatif, 14-14. http://journalold.

unhas.ac.id/index.php/jhl/article/view/35506.

Pewo, F., & Buku, K. R. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pemilih Pada Pemilu

Tahun 2024 Di Desa Ekoroka, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Jurnal Sosial dan

Pemerintahan (JSP), 1(1), 32-40. https://doi.org/10.71241/rjsgsa29

Pardana, D. (2023). Pengaruh Media Sosial Dalam Memprediksi Partisipasi Perilaku Pemilih

Pemula Pada Pemilihan Umum 2024. AT TARIIZ: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(01),

-44. https://doi.org/10.62668/attariiz.v2i01.533

Rahayu, L. F., Maulana, E., Safitri, S., Haq, M. I., & Ramadhani, L. S. (2024). Pengaruh Debat

Capres Dalam Merebut Pemilih Mengambang Dalam Pemilu 2024. Journal of Governance

and Public Administration, 1(2), 127-132. https://doi.org/10.59407/jogapa.v1i2.487

Rofieq, A., Alrasyid, M. H., Purwantini, L., & Ramadhan, I. (2025). Between Popularity And Track

Record: Regional Head Candidates In The View Of Generation Z. Kybernan: Jurnal Ilmiah

Ilmu Pemerintahan, 16(1), 51-58. https://doi.org/10.33558/kybernan.v16i1.10882

Sukmawati, S. (2023). Pencitraan Teks Berita Pemilu 2024 pada Media Daring: Kajian Teun A.

van Dijk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 901-909.

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2395

Suherli, S., Jamal, M. N., Taslim, M., Kamsar, K., & Elsaid, D. A. (2024). Pengaruh Terpaan

Informasi Politik Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan

Presiden Republik Indonesia Tahun 2024 di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan, 10(13), 1042-1052. https://doi.org/10.5281/zenodo.13279429

Suwarji, S., & Rahmawati, M. P. (2024). Preferensi Politik Emak-Emak dalam Pemilihan Presiden

Indonesia 2024: Analisis Kuantitatif dengan Metode Kruskal-Wallis. PAMARENDA: Public

Administration and Government Journal, 4(1), 104-118.

https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.17

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode

penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wijayanti, D., & Tohawi, A. (2024). Perilaku Pemilih Pemula Dalam Pemilu Tahun 2024 Ditinjau

Dari Sosiologi Dan Hukum Islam Studi Kualitatif di Desa Gemenggeng Kecamatan Bagor

Kabupaten Nganjuk. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Hukum Tata Negara, 2(1), 1-15

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode

penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wahyuningtyas, A., Ramadhan, M. W., Suprihono, M. B., & Putranto, A. (2025). Efektivitas

Strategi Kampanye Pasangan Sherly Laos-Sarbin Sehe di Pilgub Maluku Utara: Kajian

Media, Taktik, dan Mobilisasi Massa. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan

Komunikasi, 6(1), 610-621. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1291

Yuliani, H., & Ibrahim, J. T. (2025). Panggung Digital Aktor Politik. UMMPress.Rofieq, A., Alrasyid, M. H., Purwantini, L., & Ramadhan, I. (2025). Between Popularity And Track

Record: Regional Head Candidates In The View Of Generation Z. Kybernan: Jurnal Ilmiah

Ilmu Pemerintahan, 16(1), 51-58. https://doi.org/10.33558/kybernan.v16i1.10882

Sukmawati, S. (2023). Pencitraan Teks Berita Pemilu 2024 pada Media Daring: Kajian Teun A.

van Dijk. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 901-909.

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2395

Suherli, S., Jamal, M. N., Taslim, M., Kamsar, K., & Elsaid, D. A. (2024). Pengaruh Terpaan

Informasi Politik Melalui Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan

Presiden Republik Indonesia Tahun 2024 di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan, 10(13), 1042-1052. https://doi.org/10.5281/zenodo.13279429

Suwarji, S., & Rahmawati, M. P. (2024). Preferensi Politik Emak-Emak dalam Pemilihan Presiden

Indonesia 2024: Analisis Kuantitatif dengan Metode Kruskal-Wallis. PAMARENDA: Public

Administration and Government Journal, 4(1), 104-118.

https://doi.org/10.52423/pamarenda.v4i1.17

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode

penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wijayanti, D., & Tohawi, A. (2024). Perilaku Pemilih Pemula Dalam Pemilu Tahun 2024 Ditinjau

Dari Sosiologi Dan Hukum Islam Studi Kualitatif di Desa Gemenggeng Kecamatan Bagor

Kabupaten Nganjuk. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Hukum Tata Negara, 2(1), 1-15

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode

penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Wahyuningtyas, A., Ramadhan, M. W., Suprihono, M. B., & Putranto, A. (2025). Efektivitas

Strategi Kampanye Pasangan Sherly Laos-Sarbin Sehe di Pilgub Maluku Utara: Kajian

Media, Taktik, dan Mobilisasi Massa. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan

Komunikasi, 6(1), 610-621. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1291

Yuliani, H., & Ibrahim, J. T. (2025). Panggung Digital Aktor Politik. UMMPress.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/ppj.v6i1.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office of Public Policy Journal; Program Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Jendral Sudirman Street, Number 6, Gorontalo City, Gorontalo Province 96128, Indonesia. Telp. +628114390095+6281340097196 (Call/SMS/WA) E-mail: public_policy_journal@ung.ac.id

____________________________________________________________________________________________________________

INDEXING: