Analisa Tren Untuk Memprediksi Perubahan Kriteria Keunagan Pada Indeks Shariah

Ika Widiastuti, Pandu Adi Cakranegara

Abstract


Untuk memfasilitasi investor yang memegang nilai-nilai shariah maka dibentuklah indeks shariah di Bursa Efek Indonesia. Bursa Shariah ini memiliki syarat-syarat khusus berdasar prinsip shariah dalam menjalankan usahanya. Syarat-syarat khusus ini terdiri dari syarat kualitatif dan kuantitatif. Syarat kualitatif adalah perusahaan tidak menjual barang yang tidak halal dan dalam usahanya perusahaan tidak melakukan hal-hal yang tidak halal. Syarat kuantitatif adalah syarat operasional perusahaan yang tercermin dari bagaimana perusahaan menggunakan pendanaan dan meminjamkan dana. Di dalam bursa efek, terdapat indeks syariah yang berisi perusahaan-perusahaan yang beroperasi dengan prinsip shariah. Indeks ini tidak bersifat tetap dan selalu diperbaharui. Ketika perusahaan melakukan hal yang tidak halal atau mengalami perubahan secara operasional. Apabila perusahaan secara operasional berubah dan tidak memenuhi syarat maka perusahaan tersebut dikeluarkan dari daftar efek syariah. Konsekuensinya adalah investor yang memegang saham yang keluar dari indeks shariah maka perlu melepas saham tersebut dari portofolionya. Alokasi portofolio yang ideal adalah alokasi portofolio yang direncanakan sehingga dengan mengetahui lebih dahulu dari perubahan kehalalan suatu saham. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melihat arah operasional saham adalah dengan analisa tren. Penelitian ini memanfaatkan analisa tren. Dengan menggunakan data historis penelitian ini menunjukkan bahwa analisa tren sebenarnya telah menunjukkan arah pergerakan operasional suatu saham dan risiko suatu saham. Saham yang berisiko cenderung memiliki potensi akan dikeluarkan pada periode berikutnya.


Keywords


indeks shariah, pendanaan, analisa tren

Full Text:

PDF

References


Agustin, P., & Mawardi, I. (2014). Perilaku Investor Muslim dalam Bertransaksi Saham di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(12).

Antill, S., & Grenadier, S. R. (2019). Optimal capital structure and bankruptcy choice: Dynamic bargaining versus liquidation. Journal of Financial Economics, 133(1), 198-224.

Asytuti, R. (2017). The Impact of Religiousity to Preferences of Muslim ‘S Investor in Capital Market. JURNAL HUKUM ISLAM, 115-133.

Baining, M. E., & Aryani, L. (2021). PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SYARIAH DI DAFTAR EFEK SYARIAH. J-ISCAN: Journal of Islamic Accounting Research, 3(1), 59-76.

Hartati, N. (2021). Investasi Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(01), 31-48.

Nan, L. (2019). On the Financing Regulation of Stock Market and the Optimal Capital Structure of Listed Companies. The Frontiers of Society, Science and Technology, 1(7).

Primadhanny, R. (2016). Pengaruh struktur kepemilikan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor pertambangan yang tercatat di bei periode 2010-2014. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3).

Romi Gunawan, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Sewa Sukuk Ijarah Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah Periode 2014-2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.461-470.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id