Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII MTS Ponpes Alkhairaat Paguat Tahun Pelajaran 2018/2019

Haira Tahir

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII MTs Ponpes Alkhairaat Paguat. Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran matematika melalui pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Ponpes Alkhairaat Paguat: peneliti menginformasikan tujuan dan motivasi, peneliti menginformasikan topik pembelajaran, siswa diberi contoh membuat soal, siswa berkelompok menurut kemampuan siswa di dalam kelas, siswa berdiskusi untuk membuat soal dan penyelesaiannya sesuai situasi yang ada dalam student worksheet dengan pengawasan, siswa mempresentasikan hasil diskusi, siswa menyimpulkan materi yang dipelajari, siswa mengerjakan kuis yang diberikan secara mandiri, dan memberikan penghargaan kepada kelompok sesuai predikat masing-masing.(2) Rata-rata persentase indikator pemahaman konsep matematika berdasarkan analisis hasil tes siklus 1 dan tes siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13,22% yaitu pada siklus 1 sebesar 70,40% dan meningkat menjadi 83,62% pada siklus 2 dan termasuk kategori tinggi. (3) Rata-rata persentase indikator pemahaman konsep matematika kelompok berdasarkan hasil analisis student worksheet mengalami peningkatan sebesar 3,34% dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 78,63% menjadi 81,97% dan termasuk dalam kategori tinggi. (4) Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22% yaitu pada siklus 1 sebesar 42% dan meningkat menjadi 64% pada siklus 2.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pendekatan Problem Posing

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasind

Herdian. (2009). Model Pembelajaran Problem Posing. Tersedia di http://herdy07.wordpress.com/2009/04/19/model-pembelajaran problem-posing.

Nursalam. (2008). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Metode Problem Posing. Tersedia di http://nursalam-uin.blogspot.com.

Silver, Edward A & Cai, Jinfa. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. 27(V). Hlm 523-526

Slavin, Robert E. (2009.) Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktek (terjemahan). Bandung: Nusa Media

S. Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sutriyono. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Dempet Tahun Pelajaran 2006/2007. Abstrak Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

W.S. Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Yaya S. Kusumah. (2004). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan afektif Siswa Sekolah Menengah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 12 Oktober 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.449-460.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id