Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII MTS Ponpes Alkhairaat Paguat Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasind
Herdian. (2009). Model Pembelajaran Problem Posing. Tersedia di http://herdy07.wordpress.com/2009/04/19/model-pembelajaran problem-posing.
Nursalam. (2008). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Metode Problem Posing. Tersedia di http://nursalam-uin.blogspot.com.
Silver, Edward A & Cai, Jinfa. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education. 27(V). Hlm 523-526
Slavin, Robert E. (2009.) Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktek (terjemahan). Bandung: Nusa Media
S. Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sutriyono. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Dempet Tahun Pelajaran 2006/2007. Abstrak Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
W.S. Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Yaya S. Kusumah. (2004). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan afektif Siswa Sekolah Menengah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 12 Oktober 2004
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.449-460.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id