Problematika Yang Dihadapi Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di MAN 2 Kota Bengkulu

Juwita Juwita, Yenni Fitria, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bengkulu. Lokasi penelitian ini dilakukan di sekolah MAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian diskriptif kuantitatif dan populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Bahasa Indonesia di Sekolah MAN 2 Kota Bengkulu berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di MAN 2 Kota Bengkulu berada dalam kategori terhambat. Hal tersebut didapat dari masing-masing kategori, seperti dalam perencanaan pembelajaran dalam hal ini penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru sebesar 50% menyatakan menghambat, pelaksanaan pembelajaran dari rumah diketahui bahwa sebesar 50% menyatakan menghambat, dan penilaian pembelajaran dari rumah diketahui bahwa sebesar 75% menyatakan menghambat.

Keywords


Problematika, Guru, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran

Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392,

Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Afrianto, P. . (2018). Problematika Pendidikan Nasional Guru, Kurikulum, dan Politik

Pendidikan (Issue April 2018).

Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar the Effect of Online Learning in

the Covid-19 Pandemic on Student Understanding Levels. Jurnal Signal, 8(2),

–214.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran

Daring. In Deepublish. January, 1.

Djumingin, S., & Syamsudduha. (2016). Perencanaan pembelajaran bahasa, sastra

Indonesia dan Daerah. 417.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5, 1617–1620.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang:

Graha Cendekia, 120.

Krissandi, A., Widharyanto, & Dewi, R. P. D. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia

untuk SD: In Pendekatan dan Teknis.

M. Imamuddin, M. I.-, Isnaniah, I., Annisa Aulia, A. A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S.

(2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah

Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan

Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.7284

Maharani, D. A., Nurasiah, I., & ... (2021). Analisis Profesionalisme Guru Sekolah

Dasar Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Gentala …, 6(I), 1–16. https://onlinejournal.

unja.ac.id/gentala/article/view/11784

Mundofir, M. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum

Di Sman 6 Dan Sma Sman 7 Banjarmasin (the Problematics of Learning

Indonesian in Curriculum 2013 in Sma Negeri 6 and Sma Negeri 7 Banjarmasin).

Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 5(1), 100.

https://doi.org/10.20527/jbsp.v5i1.3715

Mutu, L. P. (2020). PEDOMAN PEMBELAJARAN DARING.

Palimbong, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

di Program Studi Pendidikan PKn Universitas Tadulako. Jurpis: Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 185–198.

http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/629

Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N.

N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F.,

Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., …

Chatterjee, R. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における

健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Endocrine, 9(May), 6.

https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-ofcolloids%

Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_s

pss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dmbook/

legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.nep

Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mi/Sd Dan

Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan,

(1), 121. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.406

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam

Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Journal of

Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rofikoh, E., & Dari, W. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode

Information Search Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan Di SMP Negeri 3

Kasihan Bantul Pada Kondisi …. Jurnal Pendidikan, 30(2), 199–206.

Roinah, R. (2019). Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Stain

Bengkalis. Quality, 7(1), 153–166. https://doi.org/10.21043/quality.v7i1.4966

Sabrina, D. S. dkk. (2020). Buku Praktis Penyakit Virus Corona 19 (COVID-19). In

Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sagendra. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD.

Sasmoko, K. K., & Sasmoko, K. K. (2021). Penerapan Pembelajaran Direct Instruction

untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Ciri Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III

SDN Nguter 01 Application of Direct Instruction Learning to Improve Science

Learning Outcomes the Characteristics of Living Creatures of. 30(2), 273–282.

Sukadari. (2017). buku ilmu-pendidikan-sukadari.pdf.

Supriyadi, D. (2014). Menggangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita

Karya Nusa. Jurnal Al-Ta’lim, 21(1), 1–9.

Syaifi, A. (2015). Profesi Keguruan Konsep dan Aplikasi. In Samudra Biru (Vol. 1,

Issue 2). http://eprints.umpo.ac.id/4624/1/3_PROFESI KEGURUAN full pdf.pdf

Yusuf. (2018). PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.437-448.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id