Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision Dengan Perceived Quality Sebagai Variabel Mediasi

Umi Nadhiroh, Rini Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesadaran merek dan loyalitas merek mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dengan persepsi kualitas sebagai variabel mediasi untuk penelitian di Joglo Suminar Batik Kediri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, metode pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen batik suminar dengan sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik explanatory research. Analisis data menggunakan Analisis Jalur, Uji R2, dan Uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan. Hal ini diketahui dari nilai signifikansi lebih besar dari tingkat signifikansi. Secara simultan atau simultan variabel independen Brand Awareness, Brand Loyalty dan variabel dependen keputusan pembelian pelanggan dan persepsi kualitas sebagai variabel mediasi mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian pelanggan, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari tingkat signifikansi. Dengan nilai thitung = 3,436, terdapat nilai sig > 0,05, maka variabel Perceived Quality memperkuat hubungan antara Kesadaran Merek dengan Keputusan Pembelian Pelanggan. Sedangkan dengan nilai thitung = 3,358 terdapat nilai sig < 0,05 maka variabel Perceived Quality memperkuat hubungan antara Loyalitas Merek dengan Keputusan Pembelian Pelanggan.

Keywords


Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Pelanggan, Perceived Quality

Full Text:

PDF

References


Chandra, C., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3506

Fabbe-Costes, N., Roussat, C., Taylor, M., & Taylor, A. (2014). Sustainable supply chains: A framework for environmental scanning practices. International Journal of Operations and Production Management. https://doi.org/10.1108/IJOPM-10-2012-0446

Kusuma, N. B. A. P. dan I. P. M. (2018). Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Association Brand Preference dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 100–119.

Kusumodewi, G., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk & Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Mirota Surabaya. Program Studi Tata Niaga Universitas Surabaya, 1–9.

Saputro, G. M. (2015). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Brand Loyality Terhadap Purchase Intention Laptop Acer di Ponorogo. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Taufiq, S. (2014). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ( Studi Kasus Pada Konsumen Produk Batik Merek The Bluesville ). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Natural Indigo Dyed, 6(3), 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.401-412.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id