Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ekonomi Menggunakan Media Bahan Ajar Pada Siswa Kelas XI MA Al-Khairaat Buntulia

Fathan Lasiki

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian terhadap tindakan yang dilakukan di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran. Dalam penelitian ini, tindakan kelas yang diteliti adalah penggunaan kisah sukses pelaku ekonomi sebagai media ajar untuk meningkatkan minat siswa belajar ekonomi. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refeleksi. Berdasarkan siklus tindakan yang dilakukan siklus I dan siklus II, peneliti dan kolaborator menyimpulkan bahwa tujuan penelitian tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil angket yang disebar pada akhir sesi siklus II, terjadi peningkatan minat siswa terhadap pelajaran ekonomi. Mayoritas siswa menyatakan berminat dan termotivasi belajar ekonomi. dari hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan kisah sukses pelaku ekonomi dalam upaya meningkatkan minat siswa belajar ekonomi, peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan kisah sukses pelaku ekonomi untuk meningkatkan minat siswa belajar ekonomi bisa dikatakan berhasil. Ditinjau dari respon siswa terhadap pelajaran ekonomi, terjadi peningkatan jumlah siswa yang berpendapat bahwa pelajaran ekonomi menarik yaitu dari sebelumnya 6 % menjadi 63%. Demikian juga 97% siswa menyatakan berminat belajar ekonomi dan 86% menyatakan termotivasi belajar ekonomi setelah melakukan pembelajaran ekonomi menggunakan kisah sukses pelaku ekonomi. Penggunaan kisah sukses pelaku ekonomi apalagi pelaku ekonomi yang memulai usahanya dari usaha kecil hingga sukses tepat digunakan untuk membangkitkan minat dan motivasi siswa belajar ekonomi. Bahwa belajar ekonomi tidak sekedar untuk mengetahui tetapi lebih dari itu untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan berperilaku ekonomis.

Keywords


Minat belajar, media bahan ajar, ekonomi

Full Text:

PDF

References


Anies. 2003. Problem Based Learning. Artikel. Tersedia padahttp://www.suaramerdeka.com/harian/0304/28/kha2.htm. Diunduh tanggal11 Januari 2010.

Hanafiah. 2009. Motivasi Belajar Siswa. Artikel. Tersedia padahttp://www.suaramerdeka.com/harian/0907/34/kha4.htm. Diunduh tanggal11 Januari 2010.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya:UNESA Press.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Univesitas NegeriMalang.

Nana Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SinarBaru Algensindo.

Oemar Hamalik. 2008. Belajar dan Teori Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: PanitiaSertifikasi.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Taufiq Amir. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Prestasi Pustaka Publis.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.389-394.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id