Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020

Mei Saleh

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar fisika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah tipe Problem Solving pada siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Buntulia. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Buntulia tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 62,12 dari skor ideal 100, dan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 66,67% (2) pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79,74 dari nilai ideal 100 dan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 91,30%. (3) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Keywords


Hasil belajar, problem solving

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Anonim, 2009, Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk dalam Pembelajaran Matematika, http://rmakoe.wordpress.com, 29 januari 2009, diakses 06 Mei 2009.

Bahri Djamarah, Syaiful & Zain, Aswar. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno, Haji. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Pratama.

Lutfizulfi, 2008, Model-model Pembelajaran Inovatif untuk Digunakan Guru, http://www.infogue.com, 06 Agustus 2009.

Natsir, Muhammad. 2004. Stategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Laboratorium Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.369-374.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id