Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bulango Selatan

Sartin Halid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Selatan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase perolehan skor hasil belajar dengan skor maksimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran problem based learning sudah diterapkan dengan baik. (2) Respon siswa kelas XI terhadap Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran PBL menunjukkan respon positif dibuktikan dengan skor respon sebesar 81,02%. (3) Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Pembelajaran PBL dapat meningkatkan Motivasi Belajar Produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulango Selatan Tahun Ajaran 2019/2020, pada perhitungan hasil observasi terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 73,55% dan siklus II sebesar 85,12%, peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 11,57%. Dengan cross check dilakukan melalui angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan siklus I sebesar 74,04% dan siklus II sebesar 82,72%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 8,68%.

Full Text:

PDF

References


Daryanto (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Hidayati, M., 2006, Model Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalor dan Perpindahannya pada Siswa MTsN 1 Tanjung Karang, Sskripsi, FKIP Unila, Bandar Lampung.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Djudju. (2000) Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah, 2000




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.363-368.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id