Upaya Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kimia Melalui Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pembelajaran Laju Reaksi Kelas Xi IPA 1 SMA Negeri 1 Paguat Tahun Pelajaran 2019/2020

Rahmawaty Tuna

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan upaya meningkatkan aktivitas peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, untuk meningkatkan prestasi belajar kimia dan respon peserta didik. Peserta didik merupakan subjek pendidikan yang secara aktif mampu membentuk prestasi belajar kimia dalam dirinya. Agar mampu memperoleh prestasi kimia yang baik maka dibutuhkan sikap atau motivasi sebagai bekal ajar belajar dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tigas siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Paguat. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Paguat menjadi meningkat yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai dari siklus 1 sampai siklus III. Aktivitas peserta didik juga terjadi peningkatan. Oleh sebab itu implementasi pembelajaran model Jigsaw mampu memberikan respon yang baik dan positif bagi peserta didik.

Keywords


Peningkatan motivasi, prestasi belajar kimia, Model pembelajaran jigsaw, Laju Reaksi Kimia

Full Text:

PDF

References


Adrian. 2004. http://artikel.us/art05-65.html. Metode Mengajar BerdasarkanTipologi Belajar Siswa. 20-10-2004. 14.00

Anita, Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi,Wardono.1998, Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas I Cawu II SMU Negeri 3 Dili Tahun Pelajaran 1997/1998, Skripsi Malang, F MIPA IKIP Malang.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Purwanto. 2008. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai upaya peningkatan Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika di SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Wing edisi 2.

Sri Supiyati.1989. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Bimbingan guru Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia siswa kelas II A.1 dan Kelas II.A.2 SMA Negeri 7 KOdya Yogyakarta Tahun 1994. Skripsi Yogyakarta: FMIPA IKIP Yogyakarta.

Ucu Cahyana.dkk, Kimia untuk SMA dan MA kelas X, Jakarta, Piranti, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.333-342.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id