Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato

Husain Maruf, Arfan Arsyad, Sitti Roskina Mas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. (2) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerjaguru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. (3) pengaruh iklim sekolah terhadap kinerjaguru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. (4) pengaruh motivasi kerja terhadap iklim sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. (5) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap iklim sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analys). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Pohuwato. (2) kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Pohuwato. (3) iklim sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Pohuwato. (4) motivasi kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap iklim sekolah di Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Pohuwato. (5) kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap iklim sekolah di Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Pohuwato.

Keywords


Motivasi Kerja, Kemampuan Manajerial, Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Hampton. 1993. Psikologi Kepemimpinan. Surabaya: Usaha Nasiona

Handoko, Hani. 2000. Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD.

Hermawan, Aan. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Kusmintardjo . 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Luthans, Fred. 2002. Organizational Behavior. Singapore Mc Graw – Hill

Masaong dan Tilome. 2011. Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. Bandung: Alfabeta

Mulyasa. 2004. Kebijakan pendidikan Era 0tonomiDaerah.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nanus, Burt, 2001, “Kepemimpinan Visioner: Menciptakan Kesadaran akan Arah dan Tujuan di dalam Organisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nawawi, H, Hadari. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Nurhadi.2009. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo

Patricia. 2007. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Triguno, P. 2002. Manajemen Strategik Dalam peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta Umar, H. 2004. Manajemen Personalia, Edisi Ketiga. Jakarta:Erlangga

Uno, B. Hamzah. 2000. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Usman. A. Dale,2008, Kinerja, Jakarta: PT Elex Media Komputindo,.

Wahab Aziz Abdul. 2011. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.291-302.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id