Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Melalui Metode Simulasi Di Kelas IV SDN No.84 Kota Tengah

Darni Matili

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui metode simulasi di Kelas IV SDN No.84 Kota Tengah. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari dua siklus dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti indikator kinerja yang ditetapkan berhasil yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang paham materi pada Tema 6 Sub Tema 1 pada siklus 1 hanya sebanyak 9 siswa meningkat pada siklus 2 menjadi 12 orang siswa (92.3%) siswa. Sedangkan 1 siswa merupakan jumlah siswa yang kurang paham dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan metode simulasi secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan Metode Simulasi dalam pelajaran Tematik maka pemahaman belajar siswa Kelas IV SDN No.84 Kota Tengah akan meningkat dapat diterima.

Keywords


Pemahaman Belajar, Metode Simulasi

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi (et, al), 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka setia

Anitah, Sri, W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah Bahri Syaiful, Zain Aswan, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik Oemar, 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Satria M.A. Koni, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: MQS Publishing

Mufarrokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras,

Nana Sudjana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Riyanto Yatim, 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman, A.M., 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Sardiman, A.M., 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Slameto, 2011. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta Jakarta.

Syaefudin, Udin., Syamsuddin, Abin. 2005. Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Uzer, Moh. Usman, 2007. Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Rosda Karya

Winataputra, Udin, S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.249-256.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id