Penerapan Supervisi Klinis Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Mengajar Tematik Kurikulum 2013 Di SDN No.65 Kota Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Sunartty Jusuf

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah supervisi klinis dapat meningkatkan Kemampuan Guru dalam mengajar tematik kurikulum 2013 di SDN No.65 Kota Timur? Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatan Kemampuan guru dalam mengajar tematik kurikulum 2013 melalui supervisi klinis di SDN No. 65 Kota Timur. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil kemampuan Guru dalam mengajar tematik kurikulum 2013 dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis kemampuan guru pada setiap siklus. Pada siklus I yaitu dari dari 16 orang guru yang disupervisi, diperoleh bahwa 11 orang atau 68.8% telah memiliki kemampuan mengajar tematik kurikulum 2013 berbasis saintifik dengan baik. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 16 orang guru yang disupervisi, diperoleh bahwa 14 orang atau 87.5% telah memiliki kemampuan mengajar tematik kurikulum 2013 berbasis saintifik. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila Kemampuan guru dalam mengajar tematik kurikulum 2013 mencapai prosentase 80%, maka penelitian dianggap berhasil.

Keywords


kemampuan guru, supervisi klinis

Full Text:

PDF

References


Coni Semiawan. 1999. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Depdikbud Dikti. Proyek pendidikan guru sekolah dasar.

Dantes dan Kartadinata. 1996/1997. Landasan-Landasan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Depdikbud. Dirjen Pendidikan Tinggi. Bagian Proyek Pengembangan PGSD.

Hamalik, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Harjosumarto, Sarbini. 2003. Karakteristik siswa, teori belajar dan teori pembelajaran. Jakarta: DPLP Dirjen pendidikan dasar dan menegah.

Hamalik Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hoetomo.2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT. Mitra Pelajar

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada

Majid Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masaong Kadim Abd&Tilome A Arfan. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta

Munandar. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: AV Publisher

Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Nasution, Noehi dan Budiastra, ketut. 2000. pendidikan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka: Jakarta.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press: Jakarta.

Sahertian Piet. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Saiful Arif.2008. Implementasi Supervisi Klinis. Jurnal Tadris3, no. 2.

Samatowa Usman, M.Pd Drs. 2009. Daya Pikir dan Daya Cipta. Gorontalo: @ndragogika press.

Slameto. 1991. Belajar dan faktor. Rineka Cipta: Jakarta.

Sujiono Bambang Dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryasubrata. 1991. Cara Mengajar dengan Hasil Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998/1999. Strategi belajar mengajar. Depdikbud, Dirjen Pendidikan tinggi Proyek PGSD

Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1Supervisi Klinis Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes

Tim Pengembang. 2010. Laporan PTS upaya peningkatan kompetensi gurudalam menyusun silabus dan rpp melaluisupervisi klinis yang berkelanjutandi SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. SMAN 1 Tenjo: Bogor

Uzer, Usman dan Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosda karya: Bandung.

Cece Wijaya.1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yani Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung:Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.237-248.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id