Penerapan Supervisi Klinis Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Mengajar Tematik Kurikulum 2013 Di SDN No.65 Kota Timur Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Coni Semiawan. 1999. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Depdikbud Dikti. Proyek pendidikan guru sekolah dasar.
Dantes dan Kartadinata. 1996/1997. Landasan-Landasan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Depdikbud. Dirjen Pendidikan Tinggi. Bagian Proyek Pengembangan PGSD.
Hamalik, 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Harjosumarto, Sarbini. 2003. Karakteristik siswa, teori belajar dan teori pembelajaran. Jakarta: DPLP Dirjen pendidikan dasar dan menegah.
Hamalik Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
Hoetomo.2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT. Mitra Pelajar
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Majid Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Masaong Kadim Abd&Tilome A Arfan. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta
Munandar. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: AV Publisher
Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.
Nasution, Noehi dan Budiastra, ketut. 2000. pendidikan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka: Jakarta.
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press: Jakarta.
Sahertian Piet. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia)
Saiful Arif.2008. Implementasi Supervisi Klinis. Jurnal Tadris3, no. 2.
Samatowa Usman, M.Pd Drs. 2009. Daya Pikir dan Daya Cipta. Gorontalo: @ndragogika press.
Slameto. 1991. Belajar dan faktor. Rineka Cipta: Jakarta.
Sujiono Bambang Dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
Suryasubrata. 1991. Cara Mengajar dengan Hasil Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius
Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 1998/1999. Strategi belajar mengajar. Depdikbud, Dirjen Pendidikan tinggi Proyek PGSD
Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1Supervisi Klinis Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes
Tim Pengembang. 2010. Laporan PTS upaya peningkatan kompetensi gurudalam menyusun silabus dan rpp melaluisupervisi klinis yang berkelanjutandi SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. SMAN 1 Tenjo: Bogor
Uzer, Usman dan Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosda karya: Bandung.
Cece Wijaya.1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yani Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung:Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.237-248.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id