Pengaruh E-Learning Zoom Cloud Meeting Terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Visual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru Riau

Lestari Nuriah, Iqbal Miftakhul Mujtahid, Endang Wahyuningrum

Abstract


Dampak penularan Covid-19 mengharuskan satuan pendidikan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh untuk memutus penularan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh e-learning zoom cluod meeting terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa kelas tinggi SD Negeri Binaan 2 Kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilkukan di SD Negeri 61 Pekanbaru. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan angket elearning zoom cloud meeting, angket motivasi dan angket gaya belajar visual. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan rumus regresi sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukan, (1). Adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran e-learning zoom terhadap motivasi belajar siswa. Nilai korelasi atau hubungan sebesar 0.340, dari output regresi diperoleh koefesien determinasi sebesar 0.116. E-learning menggunakan aplikasi zoom cloud meeting terhadap variabel motivasi siswa sebesar 11,6%. (2). Adanya pengaruh atau efek yang di timbulkan berdasarkan perhitungan korelasi atau hubungan sebesar 0,340. Output tersebut diperoleh kofesien diterminasi sebesar 0,340. E-learning menggunakan aplikasi zoom cloud meeting terhadap gaya belajar visual siswa sebesar 3,40%. (3). Adanya hubugan yang positif terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa dengan nilai signifikan F change 0,001 maka nilai ini lebih kecil dari 0,05. Besarnya kontribusi yang diberikan variabel e-learning zoom cloud meeting terhadap motivasi 11,6%. Adapun sisanya 3.40% pengaruh e-learning zoom cloud meeting terhadap gaya belajar visual dan 3,40% penambahan e-learning zoom cloud meeting memiliki hubungan yang positif terhadap motivasi dan gaya belajar visual siswa.


Keywords


E-Learning Zoom Cloud Meeting, Motivasi, Gaya Belajar Visual

Full Text:

PDF

References


Aurora, & Effendi. (2019). JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

Jariyah, A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 : Analisis Respon Mahasiswa The Biology Learning Processes and Constraints in the Covid-19 Pandemic Period : Analysis of Student Responses. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196.

Kemendikbud (Surat Edaran Kemendikbud N0.4 Tahun 2020. 300) Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disaese (COVID-19). 24 Maret, 1–3.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 3(1), 10–16.

Yuliani H, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 259. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.201-212.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id