Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD

Titi Chandrawati, Siti Aisyah

Abstract


Mencintai lingkungan adalah suatu karakter anak yang harus ditanamkan kepada masyarakat Indonesia sejak usia dini. Untuk itu, masyarakat PAUD perlu dikenalkan dengan literasi lingkungan karena masih banyak masyarakat PAUD yang belum paham akan literasi lingkungan. Pemahaman dan keterampilan literasi lingkungan jika dipelajari oleh seseorang sejak usia dini, maka ilmu tersebut dapat menjadi kebiasaan dan akan bertahan lama dalam pikiran dan hati seseorang. Artikel ini akan menguraikan bagaimana upaya menanamkan cinta lingkungan kepada masyarakat PAUD yang dilakukan tim peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan tdengan pemberian informasi dan motivasi tentang pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) kepada anak usia dini. Subjek yang terlibat dalam kegiatan ini adalah masyarakat PAUD yang diwakili oleh 11 guru PAUD di daerah Tangerang, Sawangan Bogor, Medan,dan Batam. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil Penelitian Tindakan dengan pendekatan kualitatif melalui diskusi dan wawancara dan penyampaian informasi melalui temu online mengenai PLH untuk PAUD. Periode pengumpulan data memakan waktu 4 bulan pada tahun 2020. Analisis isi digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh divalidasi oleh anggota fakultas. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pemberian informasi dan pemberian motivasi kepada 11 guru PAUD tersebut dapat membuat 9 orang guru tergugah untuk ikut mempelajari dan mengajarkan literasi lingkungan kepada anak didiknya. Para guru tersebut berupaya membuat lingkungan sekolah menjadi lebih hijau dengan menanam pohon dan membuat berbagai kegiatan pembelajaran bersama anak untuk lebih mengenal dan sayang lingkungan.

Keywords


literasi lingkungan, Pendidikan Lingkungan Hidup, penelitian tindakan, menyayangi dan melestarikan lingkungan

Full Text:

PDF

References


Benefits of environmental education in kids,

https://www.iberdrola.com/environment/enviromental-education-forkids

Cherry, Kendra. “Social Learning Theory: An Overview of Bandura’s Social Learning

Theory.” Artikel yang tersedia secara online dalam .

Djoehaeni, H. (2014), Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada

Pendidikan Anak Usia, Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.1, Februari 2014

Diana Kusumaningrum (2018), LINGKUNGAN DALAM KURIKULUM 2013 DAN

PEMBELAJARAN IPA DI SD, Indonesian Journal of Natural Science

Education (IJNSE) Volume 01, Nomor 02, 2018, pp: 57~64 p-ISSN: 2621-8747,

e-ISSN : 2621-8755 e-mail: ijnse@untidar.ac.id,

Enggar Harususilo, Y.(2019),Waspadai, Bahaya Anak Tidak Memiliki "Literasi

Lingkungan"",https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/22201031/waspadai

-bahaya-anak-tidak-memiliki-literasi-lingkungan.

Fajrin, Latifah Permatasari (2020), Pendidikan Lingkungan Hidup Di Raudhatul Athfal,

Jurnal Tunas Siliwangi ISSN : 2476-9789 (Print) 2581-0413 (Online) Vol. 6,

No. 2

Klikhijau.com (2021), Ragam Ide Pendidikan Lingkungan untuk Anak Usia

Dini!,https://klikhijau.com/read/ragam-ide-pendidikan-lingkungan-untukanak-

usia-dini/

Masyunita Siregar, Sri Martini Meilani, Agung Purwanto (2021), Pengenalan

Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 719-728

Sagino (2019), Sekolah Berbasis Literasi Lingkungan Sebuah Destinasi Akrab dan Peduli

Lingkungan, , http://jatengpos.co.id/sekolah-berbasis-literasi-lingkungansebuah-

destinasi-akrab-dan-peduli-lingkungan/)

Pentingnya Pendidikan Lingkungan, http://dlh.jabarprov.go.id/index.php/layanan/k2-

categories-2/item/62-pentingnya-pendidikan-lingkungan.

Parker, Lyn & Prabawa-Sear, Kelsy, 2020, Environmental Education in Indonesia:

Creating Responsible Citizens in the Global South




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id