Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan Pada Siswa Kelas 9. Di SMP Negeri 1 Duhiadaa Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Hafendi Rahman

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar IPA materi kemagnetan siswa kelas 9.D SMP Negeri 1 Duhiadaa melalui penggunaan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data melalui lembar tes hasil belajar. Teknik analisa data menggunakan teknik desktiptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9.D SMP Negeri 1 Duhiadaa sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa menunjukkan perolehan pada kondisi awal sebesar 36,67% atau 11 siswa, pada siklus I persentase rata-rata pengamatan keaktifan siswa sebesar 60,00% atau 18 siswa dan pada siklus II persentase rata-rata perilaku siswa sebesar 93,33% atau 28siswa. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 66,67 naik menjadi 73,93 pada siklus pertama, dan 84,67 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa (30,00%) pada studi awal, meningkat menjadi 50% atau 15 siswa pada siklus pertama, dan 27 siswa atau 90,00% pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA materi kemagnetan siswa kelas 9.D SMP Negeri 1 Duhiadaa Dari penjelasan di atas indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua, sehingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan selesai dan tuntas pada siklus kedua.

Keywords


keaktifan, hasil belajar, google classroom

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada

Abdullah. 2018. Pemograman Web Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Abruscato, J. 1996. Teaching Children Science: A Discovery Approach. Unite State of America: Allyn abd Bacon.

Aguinis, Herman. 2014. Performance Management. United States of America: Pearson.

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar

Agusli, R., & Azianah, R. M. 2014. Implementasi E-Learning Berbasis Web di SD Negeri Pasarkemis 1. Jurnal Sisfotek Global, 42, 61–63.

Akdon, Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Andi Permana. dkk. 2018. Effect Of Performance-Base Budgeting Good Getting, Internal Control, And Reporting On Performance Accountability Goverment West Lombok. International Conference And Call For Papers. Jember

Depdiknas. 2017. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fermiska dkk.,. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home SFH Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP, 83, 496–503.

Fogarty, DW Blackstoner. Hoffman. 1991. Production & Inventory Management 2edition.New York.

Halal, Swaesti. Buku Pedoman Pencegahan dan Penanganan Corona Virus. 1st ed. Emirfan, editor. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan. Yogyakarta: Javalitera; 2020.

Hidayat, Nuruddin. 2009. Pengembangan Pembelajaran Terpadu Model Connected untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Tesis : SPs UPI: tidak diterbitkan . Bandung

I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas TerbukaKTSP SD/MI 2011

Iftakhar, Shampa. 2016. Google Classroom: What Works and How?. Journal of Educationand Social Sciences, 3 feb, 12-18.

Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran TIK. Yayasan Kita

Kemendikbud. 2013 Permendikbud No. 103 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud

Made Yeni Suranti, N. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 12, 61–70.

Mutia, I. 2013. Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses. Faktor Exacta, 64, 278–289

Paizaluddin, dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Resarch. Bandung: Alfabet

Pranajaya, 2018, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.

Rigianti, H. A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 7, 297–302

Slameto. 2014. Primary School e-Learning Development as a Social Study Learning Model in the 5th Grade Primary School. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 45, 351–360.

Supriyadi. 2013. Strategi Belajar Mengajar IPA. Yogyakarta : Jaya Ilmu.

Suwardi, Sarwiji. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah”. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Toharudin, Uus. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: humaniora

Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. 2018. Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 131.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.55-64.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id