Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Isnanto Isnanto

Abstract


Tujuan penelitian, untuk mengetahui gaya belajar siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VI SDN No. 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, sampel yaitu 22 siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari 22 siswa terdapat 11 siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual yang mempunyai hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan rata- rata nialai yaitu 72,4, 7 siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA yaitu rata-rata 67 dan 4 siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinesetik yang mempunyai hasil belajar pada mata pelajaran IPA yaitu rata-rata 64,5.


Keywords


Gaya Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, Riza. 2017. Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas

IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang.

Skripsi. Palembang: Program Studi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah Fakultas

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Ngeri Raden Fatah.

Anggitasari, Binta. 2018. Hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi dan gaya

belajar siswa. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Damayanti, Lina. 2016. Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Pada

Siswa Kelas V SDN Di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupatn Kudus. Skripsi.

Semarang: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Semarang.

Deporter B, Mark R dan Sarah S N. 2007. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum

Learning di Ruang-ruang Kelas. Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Deporter, Bobbi & Mike H. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman

dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Fitriani, Cris H (2017). Gaya belajar siswa kelas iii b sdn tukangan yogyakarta.Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Diakses pada tanggal 03 Juli 2019.

Hujaemah, emah dkk (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap

Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 5 No. 1.

Diakses pada tanggal 11 September 2020.

Iskandar, dkk (2018). Pendekatan Science Technology Society: Ipa Di Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2 No. 2. Diakses pada tanggal 11

September 2020.Khumairah, Laila. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS. Skripsi.

Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Kusumawati, dkk (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran

Matematika Kelas V SD Negeri 03 Cibelok Pemalang.Jurnal Pesona Dasar, Vol 6,

No.2. Diakses pada tanggal 03 Juli 2019.

Maisoroh dan Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan

Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata

Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1. Jurnal Pendidikan dan

Ekonomi, Vol 8, No 2. Diakses pada tanggal 06 September 2020.

Mulyani, Sri (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan.

Diakses 06 September 2020.

Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu: Teori & Praktik Terbaik di Sekolah.

Bandung: PT Refika Aditama.

Pertiwi (2015). Perbedaan Tingkat Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya

Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman A Aisyah dan Susi Yanti (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1

Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim Vol IV, No 2. Diakses 06 September 2020.

Sari, Erlina (2019). Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 5

Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, Vol 7, No (2). Diakses pada

tanggal 06 November 2019.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung, Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017.

Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyono, Akhmad (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata

Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung. Jurnal Pendidikan Ekonomi

Akuntansi, Vol 6, No 1. Diakses pada tanggal 06 September 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.547-562.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id