Penerapan Blended Learning Menggunakan Media Youtube Podcast dengan Melibatkan Birokrat dan Praktisi Pendidikan Nonformal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Nonformal
Abstract
The purpose of this study is to improve learning in the Non-formal Education Study Program in the subject of non-formal education policy analysis using amodel blended learning using youtube podcast media by involving bureaucrats and non-formal education practitioners. The research uses classroom action research which is carried out collaboratively between researchers and subject lecturers. The students involved were 27 people from semester 5 of class A for the 2020-2021 academic year. The results of the research in cycle 1 were 71.6% or were in high criteria, cycle 2 was 82.6% or were in high criteria and cycle 3 was 87.2% or were in very high criteria. The skills of the lecturers have increased, in cycle 1 of 73.17% or good criteria, cycle 2 of 80.5% or good criteria and cycle 3 of 83.17% or good criteria. Student learning outcomes also increased, in cycle 1 the minimum completeness was 66.67% unfinished, in cycle 2 the minimum completeness was 77.78% unfinished, and cycle 3 was 92.59% completed. The conclusion is that the application of blended learning using YouTube podcast media by involving bureaucrats and non-formal education practitioners can increase student learning activities, improve lecturers' teaching skills and improve student learning outcomes in the 5th semester of class A in the non-formal education policy analysis course.
Tujuan penelitian ini untuk melakukan perbaikan pembelajaran di Program Studi Pendidikan Nonformal pada mata kuliah analisis kebijakan pendidikan nonformal dengan menggunakan model blended learning menggunakan media youtube podcast dengan melibatkan birokrat dan praktisi pendidikan nonformal. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan dosen pengampu mata kuliah. Mahasiswa yang terlibat berjumlah 27 orang dari semester 5 kelas A tahun ajaran 2020-2021. Hasil penelitian pada siklus 1 sebesar 71,6% atau berada pada kriteria tinggi, siklus 2 sebesar 82,6% atau berada dalam kriteria tinggi dan siklus 3 sebesar 87,2% atau berada dalam kriteria sangat tinggi. Keterampilan dosen mengalai peningkatan, pada siklus 1 sebesar 73,17% atau kriteria baik, siklus 2 sebesar 80,5% atau kriteria baik dan siklus 3 sebesar 83,17% atau kriteria baik. Hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 ketuntasan minimal sebesar 66,67% (belum tuntas), pada siklus 2 ketuntasan minimal sebesar 77,78% (belum tuntas), dan siklus 3 sebesar 92,59% (tuntas). Kesimpulan bahwa penerapan blended learning menggunakan media youtube podcast dengan melibatkan birokrat dan praktisi pendidikan nonformal dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, meningkatkan keterampilan mengajar dosen dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 5 kelas A pada mata kuliah analisis kebijakan pendidikan nonformal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, N. F. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Academia. Edu.
Fadilah, E, dkk. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, Vol 1(1), 90-104
Firomadhoni, L. R. (2014). Upaya-upaya tim pengembang dalam pengembangan program pendidikan keaksaraan dasar metode baca Delila di BP-PAUDNI Regional II (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Iwantara, I.W, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol.4, 1-13
Kemmis, & Mc Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press
Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).
Purwaningsih, T. (2020). Penerapan blended learning melalui inisiasi pembelajaran online menggunakan website dan Google Hangout dengan melibatkan praktisi industri sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas business environment. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2).
Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rachmawati, F, dkk. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi. Vol 2(1), 38-44
Rohmanu, A, dkk. (2020). Kesiapan, Kompleksitas dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Perspektif Mahasiswa IAIN Ponorgo. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 11(2) 221-241
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323.
Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 523-530).
Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Tutiasri, R.P, dkk. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 2(2), 1-15
Ulfa, V. S., Kharisma, H. D., & Sari, D. A. (2020). Optimasi Akademisi dan Mata Kuliah Teknik Kimia Melalui Peran Praktisi Industri.Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syeck Yusuf 2020 (pp.1379-1383)
Wijayanto, P. S., Setiawan, W., Wahyudin, W., & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Youtube (Podcast) dengan Metode Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada Materi Komputer dan Jaringan Dasar di SMKN 3 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 50-62.
Zellatifanny, C.M. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas, vol. 5(2), 117-132
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.503-512.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id