Pengembangan Kapasitas Inovasi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melalui Pembelajaran Transformatif

Entoh Tohani

Abstract


Tulisan ini berusaha memberikan pemahaman mengenai pembelajaran transformative untuk meningkatkan kapasitas inovasi pengelola PKBM dalam rangka mewujudkan lembaga PKBM menjadi lembaga yang professional memberdayakan masyarakat. Pentingnya kapasitas inovasi pengelola dikembangkan sebab perubahan lingkungan yang cepat telah menuntut kemampuan adaptasi lembaga pendidikan. Tulisan ini dilakukan dengan analisis literatur, dan disusun mendasarkan pada kajian substansi literatur baik dalam bentuk buku referensi maupun artikel jurnal yang dipublikasi. Pembelajaran transformative sebagai instrument penting perlu dilakukan dalam rangka membentuk kapasitas inovasi pengelola PKBM dengan memfokuskan pada perubahan pandangan secara kritis kelompok sasaran dan dilakulan dialogis dalam proses pembelajarannya.


Keywords


kapasitas, inovasi, pembelajaran, transformative, PKBM

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. (2007). Hambatan birokratis dalam penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 068, tahun ke-13, September 2007, 909-922.

Bush, T., & Coleman, M. (2006). Kepemimpinan pendidikan. Terjemahan Farrurozi. Yogyakarta: IRCISoD

Darlan, Muhammad Norsanie. (2017). Management of community Learning Activities Center (CLAC) in District Kotawaringin Timur. Journal of Nonformal Education, 3 (2) (2017) 125-131.

Dirjen Bindikmas. (2018). Data SKB dan PKBM per 2018. Diakses dari http://bindikmas.kemdikbud.go.id/program-dan-layanan/data-lembaga pada tanggal 6 Maret 2019.

Drucker, P. F. (1993). innovation and entrepreneurship: Practice and principles. California: Perfect Bound.

Enkhtur, Ariunaa & Tamamoto, Berverley Anne. (2017). Transformatif Learning Theory and its Application in Higher Education Settings: A Review Paper. Diakses dari www.ir.library.osaka-u.ac.jp/dsape. Diakses 13 Maret 2019.

Fullan, M. (2007). The meaning of educational change. Columbia: Teachers College Press.

Gardner, M. & Kelly, Ursula, A. (2008). Narrating transformative learning in education. New York: Palgrave MacmillanTM

Hoggan, Chad D. (2016). Transformative Learning as a Metatheory: Definition, Criteria, and Typology. Adult Education Quarterly 66(1), Vol. 66(1) 57–75.

Irmawati, Ais. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam mengurangi buta aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, Nomor 1, Juni 2017, hal. 81-96.

Jackson, M.G. (2008). Transformative Learning for a New Worldview: Learning to Think Differently. New York: PALGRAVE MACMILLAN

Jalal, Fasli & Supriadi, Dedi.(2001). Reformasi pendidikan dalam konteks otonomi daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Jennings, Wayne. (2005). Community learning centers. Diakses dari www.eric.ed.gov, tanggal 13 Maret 2019.

Lawson, Benn & Samson, Danny. (2001). Developing Innovation Capability In Organisations: A Dynamic Capabilities Approach. International Journal of Innovation Management, Vol. 5, No. 3 (September 2001) Pp. 377–400

Liu, K. (2020). Critical Reflection for Transformative Learning: Understanding ePortfolios in Teacher Education. Las Vegas: Springer

Mezirow, J. (1997). Transformatif Learning: Theory to Practice’, New Directions for Adult and Continuing Education, 74, 5-12.

Mezirow, J. (2000). Learning to think like an adult: Core concepts of transformation theory. In J. Mezirow & Associates (Eds.), Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress (pp. 3-33). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Mezirow, J. (2003). Transformative learning as discourse. Journal of Transformative Education, 1(1), Januari 2003, 58-63.

Martharini, TR., Rasyad A., & Moedzakir. D. (2016). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif Untuk Program Pendampingan Anak Jalanan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 5 (1), 2016, 1-8.

Nairn, S., Chambers, D., Thompson, S., McGarry, J., & Chambers, K. (2012). Reflexivity and habitus: opportunities and constraints on transformative learning. Nursing Philosophy, 13(3), 189–201. doi:10.1111/j.1466-769x.2011.00530.x

Nahapiet, J., & Ghosal, N. (1998). Social Capital, Intelectual Capital. The Organizational Advantage. Academy of Management Review, 23(2), 243-266.

Nusantara, & Moedzakir. (2016). Pembelajaran transformatif pada kegiatan pendampingan anak jalanan di Kota Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 22 (1), 2016, 039-051.

Raharjo, Tri Joko., Suminar, Tri & Mu’arifuddin. (2016). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan nonformal di jawa tengah. Journal of Nonformal Education, 2 (1) (2016); Https://Doi.Org/10.15294/Jne.V2i1.5310

Rizak, Arief Muhammad & Hardiansyah, Nila. 2017. Analisis strategi fund raising dalam penyelenggaraan program pendidikan nonformal pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ceria. Journal of Nonformal Education, 3 (2) (2017).

Rogers, E. (1983). Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.

Rumiyati & Sundiman, Didi. (2017). Peran manajemen pengetahuan pada kapasitas inovasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM): (Studi pada UKM di kota Sampit). E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), Vol. 2/No. 2/2017/136-148.

Septiani, Mita. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, Vol. 10, No.2, Desember 2015, 67-76

Smith, William J. (2005). The community learning centre, from values to result: Key issues and challenges for building and sustaining school-community collaboration. Quebec: LEARN

Sugito, & Tohani, Entoh. (2018). Kebutuhan, inovasi dan modal sosial pengrajin batik di Bantul. Laporan Penelitian tidak diterbitkan, LPPM UNY Yogyakarta.

Suryono, Yoyon & Tohani, Entoh. (2016). Inovasi pendidikan nonformal. Yogyakarta: Graha Cendikia

Tohani, Entoh. (2009). Evaluasi pelaksnaaan program PKBM dalam konteks pemberdayaan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol 2, No. 2, September 2009, 198-205.

Tohani, Entoh. (2010a). Pemetaan tingkat mutu pendidikan Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus, Volume 14, Nomor 1, Maret 2010, Hal. 15-27.

Tohani, Entoh.(2010b). Strategi pengembangan kapasitas PKBM sebagai penyedia jasa layanan pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol 3, No. 2, September 2010, 178-190.

Tohani, Entoh. (2013). Evaluasi kelembagaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai agent pengembangan masyarakat di DIY. Jurnal VISI PTKP-PNF, Vol. 5, No. 2 Desember 2010, Kemendikbud.

Kamil, Mustopa. (2006). Pendidkan nonformal: Pengembangan melalui Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.

UNESCO. (2011). Sustainability of community learning centres: Community ownership and support. Bangkok: UNESCO Bangkok

UNESCO. (2006). Community Empowerment through Community Learning Centers in Mid and Far Western Regions of Nepal. Katmandhu: UNESCO Kathmandu

UNESCO. (2003). CLC management handbook. Diakses dari www.unesco.org. diakses pada tanggal 12 Agustus 2008.

UNESCO. (2004). Multi purposes community learning center. Diakses dari http://portal.unesco.org, tanggal 7 November 2016.

Zawislak, P.A, Alves, A.C, Tellogamara, J., Baribeux, D., & Reichert, F.M (2012). Innovation capacity: from technology development to transaction capability. Journal of Technology Management and Innovation, Vol. 7, no. 2 Juli 2012.

Yusnita, Maya & Wahyudin, Nanang. (2017). Entrepreneurial Leadership melalui kapasitas inovasi sebagai upaya peningkatan keunggulan kompetitif UMKM di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA): Kajian Usaha Mikro di Kabupaten Bangka). Integrated Journal of Business and Economics (IJBE) Vol.1 No.1 2017, 10-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.425-436.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id