Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Pelaksanaan Kegiatan 3M ( Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak ) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Ridawati Ns. Sulaeman, Risma Dwi Lestari, Awan Dramawan, Dewi Purnamawati

Abstract


Prevalensi Covid-19 di Indonesia cukup tinggi. Rendahnya kesadaran untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sekolah menyebabkan siswa lebih mudah terkena penyakit. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai wahana untuk menciptakan derajat kesehatan sedini mungkin dan salah satu programnya adalah pendidikan kesehatan yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Program 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak) adalah serangkaian upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19.. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap keterampilan pelaksanaan kegiatan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak) pada siswa SMPN 3 Narmada. pre experimental dengan rancangan one grup pretest – posttest. Populasi siswa yang mengikuti kelompok belajar di Dusun Sedau Gondang sebanyak 37 siswa. Tekhnik sampling total sampling. Jumlah sampel 37 siswa. Analis menggunkan uji Wilcoxon. Hasil : keterampilan 3M sebelum dilakukan metode simulasi cukup sebanyak 62.2 % dan kurang 35. 1 %, setelah dilakukan sebagian besar kategori baik sebanyak 64.9 %. Hasil uji statistik p-value 0,000 (p < 0,05). menunjukkan adanya pengaruh metode simulasi terhadap keterampilan 3M siswa SMPN 3 Narmada. Simpulan : metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan, disarankan kepada kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada siswa SMPN 3 Narmada, perlu melaksanakan metode ini kepada seluruh siswa sehingga dapat menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Simulation Method; 3 M implementation skills; washing hands; using masks; keeping a distance

Full Text:

PDF

References


Anitah W & Sri. 2014. Strategi Pembelajaran. Banten : Universitas Terbuka Banten

Banun, T. S. (2016). Hubungan antara Pengetahuan PHBS dengan Pola Hidup Sehat Siswa di SD Tamanan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Daryanto. (2013). INOVASI PEMBELAJARAN EFEKTIF. Yrama Widya.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB. (2020). Data Covid-19. corona.ntbprop.go.id

Hasanah, U. N. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Ketrampilan Perawat Dalam Melakukan Tindakan Bantuan Hidup Dasar ( BHD) di RSUD Kabupaten Karanganyar. Program Studi S1 Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta. http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id

Herlina, S. (2019). Pengaruh Simulasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Terhadap Motivasi Dan Skill Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Pada Karang Taruna Rw 06 Kampung Utan Kelurahan Krukut Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 3(2), 7. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i2.1038

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. PT Rineka Cipta.

Rahman, A., & Kristiyanto, A. (2017). The different effect of playing and training learning approach on the ability of the straddle style high jump of the 5th grade male students of Djama ’ atul Ichwan elementary school Surakarta academic year 2013 / 2014. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education, 2(2), 80–83.

Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sinta Silvana, T. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 2 Surabaya. It-Edu, 2(02), 57– 66.

Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 258. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835

Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. MedPress.

Wahyuni, D., & Baroroh, K. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomika Mikro. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jep.v9i1.4155

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Yetty, A. (2008). Pelaksanaan usaha kesehatan sekolah di sekolah dasar gugus VI Kecamatan Lima Kaum Batusangkar. Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.733-740.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id