Description Of Error Use Of Indonesian Speaking In Stories Completed Of Elementary School Students
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas V sekolah dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227-232.
Arifin, Zaenal, dkk. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Edisi Revisi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Bogdan, Robert, and Steven J. Taylor. "Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research." Qualitative sociology 13.2 (1990): 183-192.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers
Elly Purwanti, dkk. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21. Kota Tua : Malang. Hal. 21
Henry Tarigan dan Jago Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Muslich, Masnur. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia, Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kheng, Peng, S. 2013. Cerpengram Menulis Mudah dan Menyenangkan Menulis Cerpen. Jakarta: Elex Media Komputindo
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. BAHASA DAN SASTRA, 3(4).
Sadikin, Muhammad. 2011. Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Laskar Aksara.
Saputra, A. (2019). Penerapan metode karyawisata dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(1).
Sugiarto, Eko. 2012. Master EYD. Yogyakarta: Khitah Publishing.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supraba, TH. Ellisa Tesdy. 2008. Analisis Pola Pengembangan Paragraf dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Yogyakarta: FBS UNY.
Sutarna, N. (2016). Penerapan Mengarang Terbimbing Model Kwl (Know, Want, Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 112-121.
Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 35-43.
Verlinda, Desnia, Salamah Salamah, and Lukman Nuzul Hakim. "Perubahan Ejaan Bahasa Indonesia Di Era Digital." Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung. 2019.
Waridah, Ernawati. 2008. EYD dan Seputar Kebahasaan-Indonesiaan. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka.
Widia, Yrama. 2010. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Zulkifli, dkk. 2012. Bahasa Indonesia, Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulis di Perguruan Tinggi. Tarakan: Imperium Bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.19-30.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id