Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Rol Depan Dengan Menggunakan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas IV SDN No.85 Kota Tengah

Kartin Lahinta

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan;2) pelaksanaan;3) Pengamatan;4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kogniti, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran derngan menggunakan metode permainan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran senam lantai Rol depan melalui Metode Demontrasi di kelas IV SDN No.85 Kota Tengah berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai.

Keywords


Hasil Belajar, Rol depan, Metode Demontrasi

Full Text:

PDF

References


Baley, J.A. dan Field D.A. 1976. Physical Education and Physical Educator. (Ed.2) Boston: Allyn and Bacon, Inc. Dikutip dari Buku Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani. 2008. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bimo, Walgito. 2005. PengantarPsikologiUmum(edisikelima). Yogyakarta: Andi.

Dikpora Pemkab Tegal. 2010. Silabus Penjasorkes, kelas IV Semester 1 & 2, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tegal.

Eko, Arianto.2013. Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Dengan Media Bola Gantung Bagi Siswa Kelas III A SMP N 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2012/2013. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Elizabet B. Hurlock. 1999. Perkembangan Anak (edisi keenam). Jakarta: Erlangga.

Menpora. 1984. Pola Dasar Pembangunan Olahraga . Dikutip dari Buku Azas dan falsafah Pendidikan Jasmani. 2008. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mohamad Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. DikutipdariSkripsiEko, Arianto.2013. Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Dengan Media Bola Gantung Bagi Siswa Kelas III A SMP N 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2012/2013. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Rudi, Susilana & Cepi Riyana. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Seaton, D.O. et al. 1974. Physical Education Hand Book,Englewood. Cliffs. N 6th. Prentice-hall, inc. Dikutip dari Buku Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 2011. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siti, Safariatun. 2008. Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Dikutip dari skripsi Eko,

Arianto. 2013. Upaya Meningkatkan Minat,Motivasi dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Dengan Media Bola Gantung Bagi Siswa Kelas III A SMP N 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2012/2013. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

John N. Drowatzky.1975. Motor Learning: Principles and Practices. Dikutip dari Buku Perkembangan Dan Belajar Motorik. 2008.Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Bina Karya Guru. 2004. Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1395-1406.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id