Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, S.D. 2014. Pengaruh Penerapan Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Universitas Pendidikan Indonesia. Respository.upi.edu
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Articulate Storyline unt uk media pembelajaran Guru SD. Di http://pusdatin.kemdikbud.go.id (diakses pada tanggal 18 Agustus 2020)
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. 2017. Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan. Untuk V SD/MI, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Cahyo, D. 2015. Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Komunikatif dan Inovatif untuk Pembelajaran Gerbang Dasar Digital Kelas X SMK Muhamdiyah Prambanan. Skripsi. Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY. Online: http://eprints.uny.ac.id (diakses tanggal 13 Oktober 2020)
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa Studio
Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta
Fathurrohman. P. 2014 . Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama.
Imtihana, M. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran LIngkungan di SMA. Jurnal. Universitas Negeri Semarang: J. Biol Educ Vol 3, No. 2 2014 ISSN 2252-6579
Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung:Refika Aditama
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Rosdakarya
Kunandar. 2013. Penialaian Autentik (Penialian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:RajaGrafindo Persada
Kurniasih. 2012. Bukan Guru Biasa. Jakarta: Arta Pustaka
Majidah Khairani dan Dian febrinal,” Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX,” Jurnal Ipteks Terapan 10, no 2 (2016): 95-102 10
Miarso, Y. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mudlofir dan Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Nugraheni. T. D. 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah di Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Onlie: https://lib.unnes.ac.id/32545/1/1102413002.pdf ( 13 Oktober 2020)
Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta: Depdiknas
Purnama dan Asto I Gusti. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 DI SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014, 275-279. Online: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id (15 Oktober 2020)
Purwanto 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rodakarya
Putra, N. 2015. Research and Development Penelitian dan Pengembangan: Sautu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
Rafmana,H, Chotimah dan Alfiandra. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume 5 Nomor 1 tahun 2018, 52-65. Online: ejournal.unsri.ac.id (15 Oktober 2020)
Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan desain pengembangan system pembelajaran. Jakarta: Prestasi pustaka.
Rohman, Syaiful M. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitass Islam Negeri Raden Intan Lampung. Online:http://repository.radenintan.ac.id/11070/1/skripsi%202.pdf
Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Salam, Naufan, A. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 2 Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keadaan Alam Indonesia Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 Di Mts Negeri Sumbang Kabupaten Banyumas. Tesis. Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Online: https://lib.unnes.ac.id/29534/ (13 Oktober 2020)
Saputra. 2009. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Vol 1 Nomor 2 EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. PGSD UPI
Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Persindo.
Sardiman, dkk. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Ragindo Persada
Sardiman, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sardjiyo, dkk,. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta:Universitas Terbuka
Setyaningsih, S. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbassis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2. 144-156 (Journal.um-surabaya.ac.id)
Siska, Y. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca
Storyline 3. System Requirements Articulate Support. http://articulate.com. (diakses tanggal 17 Juni 2020)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumantri, M, S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali pers
Surya. 2013. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.
Syamsu yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss
Tanzeh, A. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta :Bumi Aksara
Zuchdi, D. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta:UNY Press
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365-1374.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id