Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar

Rusmin Husain, Ditya Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi objektif pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif (articulate storyline) di kelas V SDN 9 Tilongkabila. 2) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif (articulate storyline) pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjahan yang akan dikembangkan di kelas V SDN 9 Tilongkabila. 3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta siswa. Metode yang dipakai pada penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), namun penelitian hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi dan validasi ahli media serta respon siswa, Media yang dikembangkan diujicoba oleh 14 siswa kelas V SDN 9 Tilongkabila. Media pembelajaran interaktif menggunakan articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V SDN 9 Tilongkabila memperoleh rata-rata nilai dari ahli materi sebesar 90% yang dikategorikan sangat layak, selanjutnya untuk validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,17% yang memperoleh kategori sangat layak. Hasil penilaian pada uji coba yang dilakukan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,32% dengan kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di Kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan simpulan, maka dapat disarankan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Articulate Stoyline, Media Pembelajaran Interaktif

Full Text:

PDF

References


Anugrah, S.D. 2014. Pengaruh Penerapan Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Universitas Pendidikan Indonesia. Respository.upi.edu

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Articulate Storyline unt uk media pembelajaran Guru SD. Di http://pusdatin.kemdikbud.go.id (diakses pada tanggal 18 Agustus 2020)

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. 2017. Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan. Untuk V SD/MI, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Cahyo, D. 2015. Pengembangan Media Pembelajran Interaktif Komunikatif dan Inovatif untuk Pembelajaran Gerbang Dasar Digital Kelas X SMK Muhamdiyah Prambanan. Skripsi. Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY. Online: http://eprints.uny.ac.id (diakses tanggal 13 Oktober 2020)

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa Studio

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta

Fathurrohman. P. 2014 . Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama.

Imtihana, M. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran LIngkungan di SMA. Jurnal. Universitas Negeri Semarang: J. Biol Educ Vol 3, No. 2 2014 ISSN 2252-6579

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung:Refika Aditama

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Rosdakarya

Kunandar. 2013. Penialaian Autentik (Penialian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:RajaGrafindo Persada

Kurniasih. 2012. Bukan Guru Biasa. Jakarta: Arta Pustaka

Majidah Khairani dan Dian febrinal,” Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX,” Jurnal Ipteks Terapan 10, no 2 (2016): 95-102 10

Miarso, Y. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mudlofir dan Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Nugraheni. T. D. 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah di Indonesia Kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Onlie: https://lib.unnes.ac.id/32545/1/1102413002.pdf ( 13 Oktober 2020)

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta: Depdiknas

Purnama dan Asto I Gusti. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 DI SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2014, 275-279. Online: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id (15 Oktober 2020)

Purwanto 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rodakarya

Putra, N. 2015. Research and Development Penelitian dan Pengembangan: Sautu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Rafmana,H, Chotimah dan Alfiandra. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume 5 Nomor 1 tahun 2018, 52-65. Online: ejournal.unsri.ac.id (15 Oktober 2020)

Rohman, M dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan desain pengembangan system pembelajaran. Jakarta: Prestasi pustaka.

Rohman, Syaiful M. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitass Islam Negeri Raden Intan Lampung. Online:http://repository.radenintan.ac.id/11070/1/skripsi%202.pdf

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Salam, Naufan, A. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 2 Pada Mata Pelajaran Ips Materi Keadaan Alam Indonesia Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 Di Mts Negeri Sumbang Kabupaten Banyumas. Tesis. Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Online: https://lib.unnes.ac.id/29534/ (13 Oktober 2020)

Saputra. 2009. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Vol 1 Nomor 2 EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. PGSD UPI

Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Persindo.

Sardiman, dkk. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Ragindo Persada

Sardiman, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sardjiyo, dkk,. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta:Universitas Terbuka

Setyaningsih, S. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbassis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2. 144-156 (Journal.um-surabaya.ac.id)

Siska, Y. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca

Storyline 3. System Requirements Articulate Support. http://articulate.com. (diakses tanggal 17 Juni 2020)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumantri, M, S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali pers

Surya. 2013. Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Syamsu yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss

Tanzeh, A. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta :Bumi Aksara

Zuchdi, D. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta:UNY Press




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365-1374.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id