Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2020/2021

Nurul Khoiriyah Hulawa

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Al- Quran Hadits melalui metode diskusi pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Gorontalo. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan belajar Al-Al-Quran Hadits siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Gorontalo Tahun 2021?, dan (2) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Gorontalo Tahun 2021? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapkan metode pembelajaran diskusi adalah sedang dengan perincian dari 24 orang siswa
terdapat 6 orang siswa atau 25% memeperoleh nilai kategori tinggi, 17 orang atau 70,83% memperoleh nilai sedang, dan 1 orang siswa atau 4,16% memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata tes hasil belajar sebesar 78,33. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapkan metode ceramah adalah sedamg dengan perincian dari 22 orang siswa terdapat 2 orang siswa atau 9,09% yang mendapat kategori nilai tinggi, 14 orang siswa atau 63,63% memperoleh nilai kategori sedang dan 6 orang siswa atau 27,27% memperoleh
nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata 68,68.3. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa pada materi pembelajaran amar ma’ruf nahi mungkar di kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo


Keywords


keaktifan siswa, prestasi belajar, metode diskusi

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin.2009. Metode Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Munijin Nasih.2009.Belajar dan Pembelajarn. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Sa’ud,

Udin Syaefudin.2010. Inovasi Pendidikan . Bandung: Alfabeta

Sanjaya,Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Sudjana, Nana. 2005. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana. 2005.

Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progr esif. Jakarta: Kharisma

Putra Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1231-1236.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id