Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas V SDN 8 Suwawa

Fatmah Akase

Abstract


Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2019/2020 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa
mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan tersebut yaitu Pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta performansi guru melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SDN 8 Suwawa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 8 Suwawa tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 65 dan persentase tuntas belajar klasikal 75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 80,82 dan persentase tuntas belajar klasikal
menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SDN 8
Suwawa. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah


Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:

DEPDIKNAS DIRJENDIKTI

Aqib, Zaenal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hernawan, Asep Herry, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.

Jakarta: Universitas Terbuka. Heruman. 2012. Model Pembelajaran

Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ismail, M. Ilyas. (2009). Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Available

athttp://ilyasismailputrabugis.blogspot.com/2009/11/kinerja-dankompetensiguru-

dalam.html [diakses 08/03/12].

Poerwanti, Endang, dkk 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Riduwan. 2010.

Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Supinah dan Agus D.W. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Supinah, dkk. 2008. Pembelajaran

Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP.

Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan

Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Y.D, Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat

Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1223-1230.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id