Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020

Idris Djafar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran geografi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Buntulia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama membahas tentang materi Fenomena Biosfer dan siklus kedua tentang materi Fenomena Antroposfer. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 62,28% dan untuk siklus II sebesar 80,58%. Peningkatan hasil belajar afektif yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 18,30%. Selain itu, hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I sebesar 60,57% dan untuk siklus II sebesar 80,29%. Peningkatan hasil belajar psikomotor yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 19,72%. Sedangkan, ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 64,71% dan untuk siklus II sebesar 76,47%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 11,76%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020.


Keywords


model pembelajaran problem based learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008b). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh.

Buku Dua. Terj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Aksara.

Basrowi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Madya, S. (2007). Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung:

Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1215-1222.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id