Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kimia Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Pada Kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMK Negeri 5 Gorontalo ternyata hasil belajar kimia siswa kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo masih rendah yaitu nilai rata-rata untuk materi larutan asam dan basa adalah 56,74 dengan ketuntasan klasikal 37,21% dan rata-rata nilai untuk materi Stoikiometri adalah 61,16 dengan ketuntasan klasikal 25,58%. Hal ini disebabkan karena pembelajaran didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru. Dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan IBL siswa diberi tugas untuk membuat pertanyaan yang
disertai dengan jawaban, melakukan penyelidikan dan akhirnya menemukan sendiri konsep-konsep materi yang dibahas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan IBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TEI SMK Negeri 5 Gorontalo. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes di akhir siklus, data hasil belajar afektif diperoleh dari hasil angket siswa, sedangkan data hasil
belajar psikomotorik diperoleh dari hasil observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat hasil belajar siswa yaitu secara klasikal, 85% siswa mencapai ketuntasan belajar minimal 65%. Dari hasil penelitian, ratarata hasil belajar kognitif pada siklus I meningkat dari 47.61 dengan ketuntasan klasikal 27.91% menjadi 77.42 dengan ketuntasan klasikal 83.72%. Pada siklus II mencapai 86.89 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pada siklus III mencapai 89.77 dengan ketuntasan klasikal 100%. Rata-rata hasil belajar afektif siklus I, II, dan III berturut-turut adalah
72.31; 77; dan 80.39. Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 72.09; 76.31; dan 78.78. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan IBL.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004. Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta: esis.
Koestantionah. 2003. Pembelajaran Sains Sekolah dasar dengan Mengoptimalkan
Kompetensi Siswa Melalui Pembelajaran PAKEM. Abstrak.
K, Roestiyah N. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristi, Implementasi
dan Inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosda Karya
Suherman, Erman. 1990. Evaluasi Pendidikan untuk Matematika. Bandung: Wijaya
Kusuma
Susanto, Hadi. 2004. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Inquiry. Makalah.
Disajikan dalam rangka perencanaan dan implementasi kurikulum fisika 2004.
Suyitno, Amin, dkk. 2005. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Program
Percepatan SMP 2 semarang dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model
Pembelajaran dengan Pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) sebagai Strategi
yang Berasosiasi dengan CTL (Contextual-Teaching Learning). Penelitian Dosen.
Umiyati.2005. Penerapan Pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan hasil
belajar Sains Pokok Bahasan Cahaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ngijo
Tahun Ajaran 2004/ 2005. Skripsi.
Widodo, A. Tri. 2005. Penyusunan Proposal Skripsi Pendidikan dan Pengefektifan
Bimbingan Skripsi. Makalah. Disajikan pada pelatihan penyusunan proposal
Skripsi Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1207-1214.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id