Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Jigsaw Learning Di Kelas X MA Al-Khairaat Buntulia Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas X MA Al-Khairaat Buntulia. Dengan menerapkan metode jigsaw learning diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek siswa kelas X MA Al-Khairaat Buntulia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap-tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning, dengan hasil sebagai berikut: pada siklus I rata-rata nilai kelas 6,21 meningkat menjadi 6,72 pada siklus II dan lebih meningkat lagi pada siklus III menjadi 8,24.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Mundziri,1994. Ringkasan Hadits Shahih Muslim. Jakarta :Pustaka Imani Arikuto,
Suharsimi,2007.Penelitian Tindakan Kelas: Bumi Aksara
________________ Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bahri Djamarah, Syaiful.1994.Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Bandung:
Rineka Cipta
Hamalik,Oemar.2010. Psikologi Belajar. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo
Khairudin.2007. Kurikulum Tingkat Satun Pendidikan.Jogjakarta: Nuansa
Aksara. Jamaludin, 2002.Pembelajaran yang Efektif.Jakarta; Departemen Agama
RI
Purwanto, M. Ngalim.2003. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya .Jakarta:Bumi
Aksara.
S.M, Ismail.2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang:
Rasail Media Group.
Surya Brata, Sumadi,1993. Psikologi Pendidikan, Jakarta: raja grafindo persada
Sumiati,2008.Metode Pembelajaran (seri Pembelajaran Efektif) Bandung: CV Wacana
Prima
Syah, Muhibin. 1999.Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1201-1206.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id