Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMK Negeri 2 Wonosari

Supoyo Supoyo

Abstract


Kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran pada umumnya sangat
menghawatirkan karena dari sampel guru yang diminta menunjukkan kemampuan menguasai bahan pelajaran 70% yang kurang menguasai bahan pelajaran, sedangkan hanya 30% yang menguasai bahan pelajaran. Kondisi seperti itu diperparah dengan kurang optimalnya fungsi kepengawasan Kepala Sekolah. Bila selama ini banyak pendapat menyatakan profesionalisme guru di Indonesia relatif rendah atau kurang memadai, hal itu merupakan akibat dari kurangnya kepengawasan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 41,18 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 70,59 % pada siklus II, dan siklus ke III 76,47 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi akademis kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar dengan ketuntasan mencapai 100 %.


Keywords


Kinerja Guru, Evaluasi Hasil Belajar, Supervisi Akademik

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era

Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah

Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala

Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina

Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2005. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPABiologi:

Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi

dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak

diterbitkan UPI Bandung.

Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta:

Journal Pendidikan.

Sergiovani, Cs. 1975. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for

Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum

Development. 1979. Supercision: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill

Book Company

Suyanto dan Djihad Hisya. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indoenesia

Memasuki Millenium III. Adi Cita. Yogyakarta.

Tilaar, 1987. Futurisme dan Pengambilan Kebijakan pendidikan Menyongsong Abad-21.

Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Perencanaan Pendidikan. IKIP

Jakarta.

Yusuf A. Hasan. 2002. Pedoman Kepala Sekolahan Untuk Madrasah dan Sekolah

Umum. Mekar Jaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1193-1200.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id