Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Untuk melihat motivasi belajar
matematika siswa kelas X pada SMA Negeri 2 Gorontalo maka dilakukan observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti sendiri dan guru lain yang setiap hari menjadi team teaching di kelas tersebut. Dari hasil uji coba diperoleh Motivasi belajar matematika siswa secara umum mengalami kenaikan rata-rata motivasi minimal cukup baik yang awalnya sebesar 75 % siswa menjadi sebesar 90 % siswa di kelas X. Hal ini menurut analisis peneliti dikarenakan sebagai berikut: (1) Siswa senang dengan variasi model pembelajaran yang menurut mereka baru dan belum pernah mereka dapat sebelumnya (2) Materi pembelajaran yang dibahas relatif dapat dipahami oleh siswa karena di jenjang sekolah sebelumnya pernah diajarkan. Hasil tes yang dilaksanakan pada setiap siklus mengalami kenaikan, kecuali pada siklus III. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 65,40, pada siklus II nilai rata-rata sebesar 69,00 dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 68,00. Hal ini menurut pengamatan dan pengalaman peneliti dikarenakan bagi siswa materi pada siklus III mengenai jajargenjang relatif lebih sulit dari materi pada siklus I dan II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haryono, Moh.. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan
Motivasi Belajar Matematika. Widyatama, Vol. 4.
Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta
Suhadi. (2006). Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SMPN 4 Danau
Panggang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games
Tournaments). http://Suhadinet.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15
Agustus 2008.
Suhadi. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments).
http://Suhadinet.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2008.
Sumanto, Wasty. (1984). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.
Yogya. Yayasan Paramita.
Sutikno, Sobry. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung. NTP
Press.
Trianto, Drs. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Surabaya. Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1171-1178.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id