Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kontekstual Pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo

Musrin Abdullah Ibrahim

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan PTK yaitu untuk mengatasi berbagai persoalan nyata
guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran guru melalui
penerapan pendekatan, model, maupun metode baru, adalah Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo dalam Pembelajaran Matematika Realistik pada materi sifat-sifat bangun datar. Dalam pelaksanaan PTK minimal terdiri dari 2 siklus dimana pada masing-masing siklus terdapat 4 tahap/langkah penting, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan media pendekatan Kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Keaktifan peserta didik sebelum PTK sebesar 32,73%, kemudian keaktifan peserta didik pada siklus I meningkat sebesar 53,64%, dilanjutkan siklus II sebesar 96,36%. Peningkatan keaktifan peserta didik dapat meningkatkan pula hasil belajar matematika peserta didik, nilai hasil belajar matematika peserta didik sebelum PTK mencapai ketuntasan sebesar 31,81%, nilai hasil belajar matematika peserta didik setelah siklus 1 mencapai ketuntasan sebesar 77,27%, nilai hasil belajar matematika peserta didik setelah siklus II sebesar 95,45%, berarti sudah lebih dari 95% peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (75) sehingga sudah memenuhi indikator pencapaian. Ada
peningkatan keaktifan dan hasil belajar tersebut setelah pengunaan media pendekatan Kontekstual


Keywords


kooperatif, hasil belajar siswa, matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Model Pelatihan dan Pengembangan Silabus. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Dalam Pembelajaran

Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal

Pendidikan Dasar Dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG)

Matematika.

http://www.anneahira.com/pengertian-prestasi-belajar-menurut-para-ahli.htm

Diakses tanggal 22 Oktober 2013.

Krismanto, Al. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran

Matematika. Yogyakarta: Makalah disajikan dalam pelatihan

instruktur/pengembang SMU.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek. Bandung:

Penerbit Nusa Media.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1165-1170.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id