Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa dalam
pembelajaran Qur’an Hadist melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
(Student teams–achiement divisions). Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Hasil dari penelitian ini kinerja guru pada siklus I sebesar 61,67%, pada siklus II sebesar 83,33% dan pada siklus III sebesar 95%. Dari data tersebut menunjukkan adanya kenaikan kinerja guru secara dinamis dari siklus I, siklus II dan siklus III. Guru berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangannya dalam proses pembelajaran, dari cara memberi motivasi, penyampaian materi, pengaplikasian materi, pemberian tugas dan
membimbing siswa dalam menarik kesimpulan. Hasil observasi terhadap kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dari satu siklus ke siklussiklus berikutnya, menunjukkan bahwa kinerja guru sudah baik. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan seluruh langkah–langkah pembelajaran yang telah di susun, namun belum secara optimal karena masih ada beberapa langkah yang belum dilakukan secara baik. Pada siklus II, kinerja guru semakin baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan sudah dilakukanya langkah–langkah pembelajaran secara optimal. Pada siklus III juga sudah dilakukan dengan baik, yang ditunjukan dengan banyaknya langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan secara optimal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif dan keaktifan belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung :
Nusa Media
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran
Qur’an Hadist. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : UNESA – University
Press
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Pustaka Book Publisher
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung :
Alfabeta
Suharsimi, Arikunto dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi
Aksara
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV
Maulana
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1155-1164.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id