Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa SMA Negeri 1 Wonosari
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek
penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Hamalik Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi
Aksara: Jakarta
Kiranawati. 2007. Metode Pembelajaran Talking Stick. http://gurupkn.wordpress.
com/2007/12/01/talking-stick/. Tanggal 1 Desember 2007
Muhfida. 2009. Model Pembelajaran. http://www.muhfida.com/model
pembelajaran.html. tanggal 4 Juli 2009
Popham W. James dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis
(Terjemahan: Amirul Hadi, dkk). Rineka Cipta : Jakarta
Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya:
Bandung
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya:
Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1149-1154.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id