Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Pada MTS Al-Huda Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di MTS Al-Huda Kota Gorontalo.
Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Juli – Nopember 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 71,98 % sedangkan siklus II 92,44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 75,49 % sedangkan siklus II mencapai 93,81 %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 81,3 % sedangkan siklus II 90,56 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 54 % sedangkan siklus II 59,76 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permendiknas Nomor: 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru.
Fakri, 2019. Teknis Penulisan Laporan PTK dan PTS
Aceh Timur: Dinas Pendidikan
Hamalik, Uemar. 2004 . Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.
Jakarta: Dirjen Ketenagaan Dikti.
Nana Sudjana, Prof., Dr. 2009. Kompetensi Pengawas sekolah.
Jakarta: Binamitra Publishing
Nana Syaodih Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, 1997. Metode dan pendekatan Belajar Mengajar.
Jakarta: Binamitra
Suhardjono, 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan sekolah.
Malang: Cakrawala Indonesia bekerjasama dengan LP3UM
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1143-1148.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id