Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Pada MA Al-Mubarak Marisa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Supervisi di MA Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato. Hal ini dapat dibuktikan dengan melalui hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,35 termasuk dalam kategori baik, kemudian pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83,70 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran sebesar 12,35 %. Guru MA Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato setelah disupervisi melalui kunjungan kelas pra pembelajran yaitu kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran yang sekaligus dapat mengalami peningkatan kemampuan melaksanakan pembelajaran. Peningkatan kemampuan guru tersebut dapat dibuktikan dari hasil penilaian pra pembelajaran pra siklus menunjukkan
rata-rata 68,82 dan pada siklus I meningkat sebesar 11,96 % dengan nilai rata-rata 80,78, kemudian pada siklus II meningkat lagi sebesar 10,38 % menjadi 91,17 dengan kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan guru dalam pra pembelajaran/perencanaan pembelajaran tersebut sekaligus diikuti dengan peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai sebesar 71,35 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 83,70, maka terjadi peningkatan sebesar 12,35 %. Dengan demikain dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Supervisi dengan kunjungan kelas dan meningkatakan profesionalisme guru dalam melaksanakan pra
pembelajaran/perencanaan pembelajaran dan dapat mengingkatkan kemampuan
melaksanakan pembelajaran di MA Al-Mubarak Marisa Kabupaten Pohuwato.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan(2006) Naskah Akademik Tentang Standar
Pengawas Satuan Pendidikan, Direktorat Pendidikan, Jakarta
___________. ( 2007 ), Standar Isi, Direktorat Pendidikan, Jakarta
___________ (2007), Standar proses, Direktorat Pendidikan, Jakarta
Depdikbud (1998) Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur
Negara Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka
Kreditnya, Dirjen Pendasmen, Jakarta
Depdiknas (2001) Kamus Besar Bahasa Indonesia , Balai Pustaka . Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Penilaian Kelas. Jakarta: Badan Penelitian dan
Pengembangan Pusat Kurikulum.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan
Pengembangan.
Departemen Pendidikan Nasional (2008). Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta:
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1123-1134.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id